Mengenal Zulkifli Hasan, Ketum PAN yang Juga Besan Amien Rais
Zulkifli Hasan. (Antara-Jojon)

Solopos.com, SOLO — Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode 2020. Pria yang akrab disapa Zulhas itu terpilih dalam Kongres V PAN yang digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020) malam.

Zulkifli Hasan meraup 332 suara, mengalahkan dua pesaingnya, Drajat Wibowo dengan enam suara serta calon yang didukung Amien Rais, Mulfachri Harahap dengan 225 suara.

Besan

Mengalahkan calon yang didukung Amien Rais, Zulhas sama saja mengalahkan calon yang didudkung besannya. Dikutip dari Detik.com, Amien Rais dan Zulkifli Hasan resmi menjadi besan pada 2011.

Putra ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, telah menikah dengan putri Zulkifli Hasan, Futri Zulya Safitri. Mumtaz menikahi Futri di hadapan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Hatta Rajasa yang menjadi saksi.

Sok Kuat Tolak Pakai Masker, Binaragawan Meninggal Karena Corona

Putra Amien Rais itu memincang putri Zulhas dengan mas kawin 13 keping emas yang masing-masing beratnya 40 gram.

Rekam Jejak

Kembali ke Zulkifli Hasan, pria kelahiran Lampung 17 Mei 1962 itu memulai karier di dunia politik pada 2000. Dikutip dari laman resmi DPR, Zulhas pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Logistik DPP PAN periode 2000-2005.

Pada 2004, Zulhas terjun ke Senayan saat terpilih menjadi anggota DPR dari Dapil Lampung I. Di partai, ia diangkat menjadi Sekjen DPP PAN periode 2005-2010.

Karier Zulhas meroket saat ia menjadi Menteri Kehutanan Indonesia di bawah pemerintahan Presiden SBY periode 2009-2014. Setelah menjadi menteri, Zulhas menjabat sebagai ketua MPR periode 2014-2019 di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kongres PAN Ricuh, Peserta Perang Kursi

Menjadi ketua MPR tampaknya membuat karier Zulhas di PAN juga meroket. Pada 1 Maret 2015, ia menjabat sebagai Ketum PAN periode 2015-2020. Kini, ia terpilih lagi menjadi Ketum PAN untuk periode lima tahun ke depan.

Kehidupan Pribadi

Ramai dibahas soal kehidupan berpolitiknya, kehidupan pribadi Zulkifli Hasan tampaknya jarang disorot. Zulkifli Hasan diketahui memiliki empat anak dari pernikahannya dengan Soraya.

Keempat anak itu adalah Futri Zulya Savitri yang menjadi menantu Amien Rais, Zita Anjani, M. Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal. Saudara Zulhas ternyata juga aktif di dunia politik.

Ilmuwan AS: Hanya Kehendak Tuhan Yang Bisa Hentikan Virus Corona

Adik Zulhas, Zainudin Hasan adalah bupati Lampung Selatan periode 2016-2018. Zainudin Hasan tersandung kasus tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

Dilaporkan Detik.com, KPK telah mengeksekusi Zainudin Hasan ke Lapas Bandar Lampung. Zainudin akan menjalani masa hukuman penjara 12 tahun.

Selain Zainudin, adik Zulhas yang lain, Helmi Hasan, juga aktif berpolitik. Helmi kini menjabat sebagai Wali Kota Bengkulu. Helmi yang diusung PAN terpilih sebagai wali kota Bengkulu dalam dua periode, yakni 2013-2018 dan 2018-2023.

Kontroversi

Terlepas dari kehidupan pribadi dan karier politiknya, Zulkifli Hasan sempat kondang dengan kebijakannya yang kontroversial. Ia membawa PAN merapat mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla pada 2015.

Padahal sebelum mendukung Jokowi, PAN adalah partai pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang bersaing dengan Jokowi-Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014.

Kini, besan Amien Rais tersebut kembali memangku jabatan sebagai Ketum PAN hingga 2025 mendatang. Pemilihan ketum pada Kongres V PAN di Kendari itu sempat diwarnai kericuhan yang melibatkan para peserta kongres.

Sumber: Detik.com, Dpr.go.id


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho