SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tradisi Pesta Lomban dan Larungan di Kabupaten Jepara. (Dok. Solopos.com-Antara/Yusuf Nugroho)

Solopos.com, JEPARA — Setelah dua tahun berturut-turut digelar secara terbatas, Tradisi Pesta Lomban dan Larungan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), akan kembali digelar secara terbuka pada tahun 2022 ini. Tradisi tersebut rencana digelar pada Senin (9/5/2022), atau sepekan setelah hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Dikutip dari Murianews.com, tradisi Lomban dan Larungan biasanya digelar masyarakat Jepara sepekan setelah Lebaran atau hari raya Idulfitri. Sebelum tradisi ini digelar, masyarakat Jepara biasanya melaksanakan tradisi Kupatan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Sementara itu, tradisi Larungan merupakan tradisi khas masyarakat Jepara dengan cara menenggelamkan kepala kerbau di tengah laut. Kepala kerbau itu kemudian diperebutkan masyarakat. Tradisi Larungan sudah menjadi budaya dan tradisi yang digelar secara turun temurun oleh warga Jepara.

Pada tahun ini, tradisi Larungan dan Pesta Lomban akan dihelat secara meriah. Rangkaian acara akan dilaksanakan sama seperti saat sebelum pandemi Covid-19, yakni dimeriahkan dengan arak-arakan kerbau yang akan disembelih dan pertunjukan wayang kulit.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, membenarkan tradisi Larungan dan Pesta Lomban kali ini akan digelar meriah sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Tradisi Larungan akan diawali dengan berziarah ke makam leluhur Kelurahan Ujungbatu, dilanjutkan pemotongan kerbau di rumah pemotongan hewan (RPH).

Baca juga: Tradisi Lomban, Perayaan Bakda Kupat Khas Jepara

“Kerbau yang disembelih dagingnya dimasak untuk dimakan bersama-sama seluruh warga pada malam hari, saat pertunjukan wayang kulit. Kemudian pagi harinya, kepala kerbau dilarung ke tengah laut,” kata Bupati Jepara yang karib disapa Andi itu, Kamis (5/5/2022).

Setelah acara larung kepala kerbau, acara akan dilanjutkan dengan tradisi Pesta Lomban di Pantai Kartini Jepara. Dalam acara itu juga akan dimeriahkan dengan Festival Kupat Lepet. Nantinya dua gunungan ketupat dan lepet akan disiapkan. Gunungan ketupat dan lepet itu akan diperebutkan warga.

Selama berlangsungnya acara, juga akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian seperti pertunjukan tari dan kesenian kentrung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya