SOLOPOS.COM - Lucinta Luna. (Instagram/@lucintaluna_manjalita)

Solopos.com, SOLO-Dengan kemajuan teknologi, sekarang para transgender bisa mengubah suara mereka sesuai dengan identitas gender mereka yang baru seperti dilakoni Lucinta Luna. Melalui unggahan Instagramnya, artis transgender itu mengabarkan dirinya tengah menjalani operasi plastik di Korea Selatan.

“selamat tinggal Ratu Keabadian… selamat tinggal Khodam… selamat datang RATU 9 NYAWA. yang pada nanya Ratu habis operasi apa ? pemotongan leher pembuangan khodam dan operasi bedah wujud,” tulis Lucinta Luna akun Instagram pribadinya @lucintaluna_manjalita pada Rabu (6/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Operasi mengubah suara transgender dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan atau kesusahan yang mungkin menyertai perbedaan antara identitas gender dan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir atau karakteristik fisik yang berhubungan dengan jenis kelamin (disforia gender). Memiliki suara yang tidak sesuai dengan identitas gender Anda juga dapat menyebabkan masalah keamanan termasuk pelecehan, dalam keadaan tertentu.

Baca Juga: Lakukan Operasi Plastik, Lucinta Luna Rogoh Biaya Segini

Terapi suara transgender dan operasi tidak tepat untuk semua individu transgender. Anda mungkin lebih suka suara Anda saat ini atau suara netral gender untuk menandakan identitas Anda yang berbeda. Beberapa menginginkan suara yang ekspansif gender, yang berarti mereka dapat bergantian antara suara maskulin, netral gender, dan feminin.

Baca Juga: Anak Transgender Elon Musk Ganti Nama, Ini Alasannya

Perubahan suara, ucapan, dan komunikasi melibatkan penggunaan mekanisme produksi suara dengan cara baru, tidak biasa, dan sering kali tidak dikenal. Ahli patologi wicara-bahasa atau spesialis Anda akan bekerja dengan Anda untuk membantu menghindari trauma vokal.

Mengutip laman Mayo Clinic, Kamis (7/7/2022), operasi suara transgender biasanya berfokus pada perubahan nada. Untuk feminisasi suara, fokus operasi adalah untuk meningkatkan nada bicara yang biasa dan mengurangi kemampuan untuk menghasilkan suara bernada rendah. Ini berarti bahwa operasi akan mengurangi rentang nada suara Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Lucinta Luna Pamer Jalani Operasi Plastik Lagi

Ada juga risiko bahwa pembedahan dapat menyebabkan suara Anda menjadi terlalu tinggi atau terlalu kasar, serak, tegang atau terengah-engah sehingga membuat komunikasi menjadi sulit. Hasil dari sebagian besar operasi feminisasi suara bersifat permanen.

Karena operasi feminisasi suara hanya akan mengubah nada suara Anda, Anda mungkin masih perlu melatih perilaku vokal lainnya.  Operasi mengubah suara ini hanya berlaku dari pria ke wanita, sedangkan mengubah suara wanita menjadi pria tidak bisa dilakukan. Hal ini lantaran operasi berfokus pada menurunkan nada suara dengan mengurangi ketegangan pita suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya