SOLOPOS.COM - Adik almarhumah Vanessa Angel, Mayang, baru saja melakukan operasi hidung. (Tangkapan layar Youtube My Gigs)

Solopos.com, SOLO-Operasi memancungkan hidung seperti dilakukan adik almarhumah Vanessa Angel, Mayang, merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bentuk hidung ideal. Lalu bagaimana prosedurnya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui putri Doddy Sudrajat ini baru saja menjalani prosedur tersebut. Untuk melakukan operasi tersebut, Mayang kabarnya harus merogoh kocek hingga Rp50 juta. Doddy Sudrajat buka suara bahwa dirinya harus menggelontorkan sekitar Rp50 juta untuk operasi hidung tersebut.

Promosi Sukomulyo Gresik Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

“Kalau mau nyebutin angkanya kurang lebih Rp50 juta, itu udah sama obat,” kata Doddy Sudrajat dikutip dari Solopos.com pada Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Mayang Lakukan Operasi Hidung, Habis Dana Segini

Ekspedisi Mudik 2024

Operasi memancungkan hidung atau disebut juga dengan rhinoplasty  dilakukan karena alasan ingin memperbaiki bentuk hidung. Selain itu, operasi memancungkan hidung ini juga dapat bermanfaat memperbaiki kesulitan bernapas karena bentuk hidung yang kurang ideal, memperbaiki cacat bawaan pada hidung, atau memperbaiki bentuk hidung yang tidak proporsional karena kecelakaan.

Namun, seperti operasi pada umumnya, prosedur ini juga menimbulkan efek samping. Jika Anda ingin melakukan operasi memancungkan hidung, ketahui beberapa fakta berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Mayang Adik Vanessa Angel yang Tersandung Skincare T

Mengutip hellosehat.com pada Rabu (30/11/2022), operasi biasanya dilakukan dengan bius total dan berlangsung selama sekitar 90 menit. Dokter Anda akan memperbaiki ujung hidung Anda dengan mengangkat sebagian tulang rawan. Jika Anda memiliki punuk (dorsum) pada hidung, dokter dapat mengangkat atau mengikisnya.

Biasanya, dasar pada tulang di sisi hidung akan dipatahkan terlebih dulu agar hidung dapat dikecilkan dan diatur. Dokter mungkin akan membangun ulang hidung Anda.

Selain mendatangkan risiko yang tidak kecil, operasi akan mengubah bentuk hidung Anda selamanya. Anda perlu memberi tahu dokter tujuan dan bentuk hidung seperti apa yang Anda harapkan dari operasi yang akan dilakukan. Sebaliknya, dokter juga perlu memaparkan berbagai risiko, beserta hal-hal yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan.

Sebelum melakukan operasi hidung, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mendiskusikan berbagai hal seperti sebagai berikut ini:

1. Pemeriksaan fisik

Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan risiko dan perubahan seperti apa yang akan dilakukan pada hidung. Proses ini dilakukan dengan memeriksa kulit, kekuatan tulang rawan, bentuk hidung, tes darah, dan tes laboratorium lain.

Baca Juga: Somasi Skincare T, Akun Mayang Adik Vanessa Angel Diserbu Warganet

Hidung Anda mungkin akan dipotret dari berbagai sisi untuk kemudian dimanipulasi sebagai rancangan operasi menggunakan aplikasi komputer. Dokter juga akan memperhitungkan ukuran hidung yang cocok dengan bentuk wajah Anda.

2. Riwayat kesehatan

Ini mencakup operasi yang pernah dilakukan, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dan apakah ada gangguan hidung. Jika Anda memiliki gangguan perdarahan, maka Anda mungkin disarankan untuk tidak menjalani operasi.

Di samping itu, untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan dan memperlancar proses pemulihan, ada beberapa hal lain yang mungkin perlu dilakukan sebelum menjalani operasi. Misalnya menghindari mengonsumsi obat yang meningkatkan risiko pendarahan, seperti aspirin atau ibuprofen, selama dua minggu sebelum dan sesudah operasi.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Tahi Lalat Sehat dan Indikasi Kanker

Seperti operasi pada umumnya, operasi memancungkan hidung membawa beberapa risiko yang mungkin terjadi, antara lain:

– Perdarahan berlebihan, mungkin selama seminggu sehingga membuat Anda sulit bernapas.
– Nyeri dan bengkak yang tidak kunjung mereda.
– Infeksi.
– Reaksi negatif terhadap obat bius.
– Kemungkinan hidung Anda akan menjadi tampak makin buruk.
– Terdapat bekas luka sayatan.
– Terdapat lubang pada dinding di antara lubang hidung.
– Kemungkinan hidung dan sekitarnya akan terasa kebas.
– Bentuk hidung Anda menjadi aneh, yang kemudian baru akan membaik sekitar setahun kemudian.
– Implan yang mungkin digunakan dapat terinfeksi atau menonjol keluar dari kulit sehingga memerlukan operasi lagi untuk mengganti implan tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya