Mengenal Masker Ganda, Masker yang Disarankan Center for Disease Control
Ilustrasi perempuan mengenakan masker (Pixabay)

Solopos.com, JAKARTA -- Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021 lalu merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu masker ganda.

Masker ganda adalah masker yang digunakan bersamaan antara masker medis dan masker kain. Masker kain melapisi masker medis.

"Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya, dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Ini Fakta Tentang Jalak Lawu, Burung Viral Penuntun Pendaki yang Tersesat

Seperti dikutip dari laman Satgas Penanganan Covid-19 yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat, Wiku menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19.

Meski pengunaan masker ganda disarankan, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

Dia menjelaskan menggunakan dua masker medis secara bersamaan tidak disarankan. Hal itu karena masker medis tidak dirancang untuk digunakan dua lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Baca juga: Bruk! Pohon Karet Berusia 100 Tahun di Telaga Ngebel Ponorogo Tumbang Diterpa Hujan

Masker KN95

Selain itu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Alasannya, masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya.

Selain masker ganda, Wiku meminta masyarakat menghindari penggunaan masker yang memiliki katup udara karena berpotensi sebagai celah masuknya virus.

Pemakaian masker, baik masker kain atau masker medis, bisa ditingkatkan ketepatannya menangkal virus. “Sepeti menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah,” ujarnya.

Baca juga: Pelajar SMP Kendarai Motor Dihantam Bus di Sukoharjo Akhirnya Meninggal Dunia

Cara selanjutnya, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah.

Dengan cara itu, masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Perlu diperhatikan juga kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus.

"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," lanjut Wiku.



Berita Terkini Lainnya








Kolom