Tutup Iklan

Mengenal Manfaat Natto dari Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

 Natto dari Jepang. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Natto dari Jepang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Meski masih terdengar asing di telinga, natto sebenarnya makanan yang sangat populer di negara asalnya, yaitu Jepang. Manfaat olahan ini pun begitu beragam, sebab makanan ini kaya akan nutrisi dan enzim yang baik untuk kesehatan tubuh.

Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Makanan ini memiliki aroma khas seperti keju, tetapi lebih menyengat, berwarna cokelat, dan bertekstur lengket.

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap. Kenapa bisa lengket? Ternyata itu adalah proses dari fermentasi.

Saat proses fermentasi, natto menghasilkan enzim bernama nattokinase yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, enzim tersebut diyakini mampu mengencerkan gumpalan darah untuk mencegah atau mengobati beberapa kondisi, seperti hipertensi, angina, dan penyakit arteri perifer.

Baca Juga: Viral Warga Tangerang Protes Kompleks Rumah Difoto Google Street View

Natto juga mengandung makronutrien yang penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Tak hanya itu, makanan ini juga diketahui tinggi serat serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, mangan, zat besi, magnesium, dan selenium.

Mengutip laman alodokter.com, Minggu (24/10/2021), ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi natto, yaitu:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Natto mengandung probiotik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di saluran pencernaan. Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, hingga penyakit Crohn.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tak hanya menyehatkan saluran cerna, kandungan probiotik dalam natto juga dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan lebih maksimal. Terpenuhinya nutrisi dalam tubuh berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, vitamin B6, dan zat besi dalam natto juga merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit akibat radikal bebas.

Baca Juga:  2 Tahun Bergulir, Benarkah Asal-Usul Covid-19 Selamanya Jadi Misteri?

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K2 di dalam natto berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan bahwa kedua tersebut dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mengurangi risiko patah tulang akibat pertambahan usia.

4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak

Mengonsumsi natto diyakini baik untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak. Manfaat natto ini berasal dari kandungan probiotik di dalamnya yang dapat mengurangi stres, cemas, depresi, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD), serta meningkatkan daya ingat.  Meski demikian, manfaat natto untuk memelihara kesehatan dan fungsi otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga kesehatan jantung

Natto mengandung serat, probiotik, dan vitamin K2 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, suatu penelitian menunjukkan bahwa enzim nattokinase juga dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.  Natto juga mengandung lemak yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Akun Instagram Para Artis Ini Mendadak Hilang Seperti Rachel Vennya

6. Menurunkan berat badan

Jika Anda sedang menjalani diet, tidak ada salahnya menambahkan natto dalam menu makan Anda. Olahan bahan pangan ini merupakan sumber probiotik yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Sementara itu, kandungan serat di dalam natto bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Natto memiliki kandungan isoflavon dan vitamin K2 yang berpotensi mencegah pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker hati, kanker usus, kanker prostat, dan kanker payudara.

Baca Juga:  Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Selain mengonsumsi natto, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi buah dan sayuran, serta mencukupi waktu istirahat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Beberapa manfaat di atas menunjukkan beragam manfaat yang ditawarkan dari konsumsi natto untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda dalam kondisi sehat atau tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi natto sebagai tambahan nutrisi.

Namun, orang dengan gangguan fungsi tiroid, penderita tukak lambung dan gangguan koagulasi, orang yang sedang konsumsi obat pengencer darah, serta ibu hamil dan menyusui, sebaiknya meghindari konsumsi natto tanpa pengawasan dokter. Hal ini karena natto diperkirakan memiliki efek mengencerkan darah.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Doa Ketika Terjadi Gunung Meletus, Agar Terhindar dari Bahaya

Berikut ini terdapat bacaan doa yang bisa dilafalkan ketika ada bencana alam gunung meletus menurut ajaran Islam, agar terhindar dari bahaya.

Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta, Ini Penyebabnya

Nah bagi Anda kaum pria yang sedang berusaha menaklukkan hati si dia, tak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa penyebab perempuan cerdas cenderung sulit jatuh cinta.

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.