Mengenal Layanan PCR O+ yang Mampu Deteksi Probable Omicron

Ada tiga hasil yang didapat dari PCR O+ yakni positif probable Omicron, positif non Omicron atau negatif.

Ni Luh Anggela - Solopos.com
Selasa, 18 Januari 2022 - 15:30 WIB

SOLOPOS.COM - Layanan PCR O+

Solopos.com, SOLO-KALGen Innolab bersama dengan LoveCare menyediakan layanan baru yang dinamai PCR O+, yang diklaim mampu mendeteksi varian probable Omicron dan non Omicron. Akan tetapi, hasilnya adalah probable, yang diyakini sebagai suspek atau terduga terinfeksi varian Omicron.

Ada tiga hasil yang didapat dari PCR O+ yakni positif probable Omicron, positif non Omicron atau negatif. “Ada tiga hasil. Kalau positif itu, positif probable Omicron, kalau positif non Omicron, berarti dia hanya positif Covid-19, atau negatif dari hasilnya,” kata Koordinator Layanan LoveCare, Tika, seperti dikutip dari Bisnis.com, Selasa (18/1/2022).

Lebih lanjut Tika menjelaskan, layanan PCR O+ ini sudah mulai dikenalkan pada 3 Januari 2022 sejak varian Omicron mulai merebak. PCR O+ diketahui menggunakan metode SNP (Single Nucleotide Polymorphism), dengan akurasi di atas 90 persen. SNP adalah salah satu bentuk variasi materi genetik yang ditunjukkan oleh perbedaan nukleotida tunggal.

Baca Juga: Pelaku Perjalanan dari Turki Penyumbang Terbanyak Kasus Omicron di RI

“Untuk [bahasa] awamnya, jadi kita pakai pendeteksiannya ini yang prinsipnya mendeteksi 4 titik mutasi pada varian Omicron,” ungkap Tika.

Tes PCR O+ ini melayani drive thru dan home care dengan harga mulai dari Rp450.000, namun dengan minimal 10 orang bagi Anda yang menggunakan layanan home care. Apabila di bawah 10 orang akan dikenai biaya transportasi.

Adapun layanan ini dibuka setiap hari, yakni Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Hasil tes akan keluar hari itu juga. Tetapi bagi Anda yang melakukan tes di atas pukul 12.00 WIB, maka hasil tes akan keluar keesokan harinya.

“Hasilnya sameday. Jadi biasanya kita arahkan sebelum jam 12.00 itu melakukan PCRnya nanti hasilnya selesai di malam hari. Di atas jam 12.00, hasilnya akan keluar besok,” ujar Tika.

Baca Juga: Omicron Meningkat, Kemenag Hentikan Sementara Pengiriman Jemaah Umrah

Sebagai informasi, LoveCare merupakan sebuah perusahaan teknologi yang didirikan oleh mantan isteri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan bersama keempat rekannya. Perusahaan ini mempertemukan para perawat berkompeten dengan pasien yang membutuhkan layanan perawatan atau pendampingan pasien di rumah.

Sementara, KALGen Innolab adalah laboratorium klinik joint venture antara PT Kalbe Farma Tbk, HSRI (Health Science Research Institute) sebuah lab klinik ternama di Jepang dan Toyota Tsusho Corporation Jepang.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif