SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat rutin menggelar Kirab  Malam 1 Suro menyambut pergantian tahun Islam. Namun penentuan tradisi Kirab 1 Sura didasarkan pada perhitungan kalender Jawa yang menggabungkan kelender Hijriah dan Tahun Saka.

Penentuan malam 1 Sura oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berbeda karena menggunakan penghitungan kalender Jawa. Sebab itu, kirab kerbau bule dilakukan mundur satu malam dibandingkan penanggalan 1 Sura yang ditetapkan pemerintah dalam kalender nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kirab yang identik dengan salah satu pusaka keraton, yakni Kebo Bule, ini dimulai pukul 00.00 WIB sampai selesai. Rute kirab biasanya dimulai dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Supit Urang kemudian ke Gladak, Jl Mayor Kusmanto, Jl Kapten Mulyadi, Jl Veteran, Jl Yos Sudarso, dan Jl Slamet Riyadi, kemudian kembali ke Keraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya