Mengenal Kamaz, Truk Legenda Asal Rusia Peserta Reli Paris-Dakar

Truk Kamaz bisa dibeli di Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.

 Truk Kamaz dari Rusia. (Bus-Truck.id)

SOLOPOS.COM - Truk Kamaz dari Rusia. (Bus-Truck.id)

Solopos.com, SOLO — Pasar otomotif di Indonesia juga diisi sejumlah merek truk maupun sasis bus dan juga pikap. Sejumlah merek yang memiliki produk truk dan sasis bus sudah dikenal masyarakat.

Seperti Hino, Mercedes-Benz, Volvo, Isuzu, Mitsubishi, Toyota, Suzuki, UD Trucks, MAN, Golden Dragon, ataupun Scania. Bagaimana dengan Kamaz, truk dari Rusia?.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Kamaz sejatinya sudah bisa dibeli untuk kebutuhan pasar Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.

Nama Kamaz sendiri sebenarnya merupakan akronim dari Kamskiy Avtomobilny Zavod sebuah perusahaan yang berdiri pada 1969 di Naberezhnye Cheln wilayah Tartastan.

Truk Kamaz sudah dipasarkan di 80 negera di dunia. Kamaz didesain untuk menjalankan fungsi truk yang bisa mengangkut beban berat.

Baca juga: Panduan Cara Beli Tiket GIIAS 2022 yang Hanya Dijual Online

Tidak heran kalau pada tahun pertama produksi sudah ada target produksi 150.000 unit truk dan 250.000 mesinnya.

Masifnya proyek Kamaz membuat pula daerah sekitaran sungai Kama itu menjadi salah satu pusat industri dan keilmuan yang sangat pesat di era tersebut.

Truk Kamaz yang rajin ikut reli Paris-Dakar ini, punya empat model. Yaitu K1 (C) , K2 (C2), K3 (C3), dan K3 (R) yang masih diproduksi hingga saat ini.

Kolaborasi dengan kampiun truk lain juga tidak diharamkan oleh pabrikan berlogo Kuda Berlari ini. Terlihat pada versi terakhir dari Kamaz, termasuk yang dijual di Indonesia.

Baca juga: Waspadai Tiga Hal Penyebab Kebocoran Selang Radiator Mobil

Kabin truk Kamaz diambil dari truk Axor punya Mercedes-Benz. Sementara ada juga varian mesin racikan jagoan diesel asal Amerika Serikat yaitu Cummins.

Di Indonesia sendiri ada empat model yang tersedia; seri 65222 (6×6), seri 65201 (8×8), seri 65115 (6×4), dan seri 6520 (6×4).

Khusus seri 65115 mesin yang digendong buatan Cummins dan seluruh girboks untuk keempat seri tersebut buatan ZF yang asal Jerman.

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Isuzu Pilih Fokus Mobil Listrik di Segmen Ini...

      PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengaku  fokusk  menyerap teknologi Euro 4 dibandingkan pengembangan mobil listrik kendaraan niaga.

      Prototipe Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil Dipamerkan di WJIS 2022

      Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung, Kamis (6/10/2022).

      Daihatsu Awesomeverse Meriahkan GIIAS 2022 di Medan

      Daihatsu hadir meramaikan GIIAS 2022 di Kota Medan.

      Bersiap Mengaspal Lagi di Indonesia, Citroën Siagakan Tiga Mobil

      Citroën, produsen otomotif asal Prancis yang sempat bersinar di Indonesia pada era 1960 sampai 1990-an, mulai terjun kembali ke pasar otomotif Indonesia dengan memboyong tiga mobil andalanya.  

      Daftar Lengkap Harga Terbaru BBM Pertamina: Pertalite, Pertamax, Bio Solar, Dex

      Berkut daftar lengkap terbaru harga bahan bakar minyak (BBM) yang berasal dari produksi Pertaminia, mulai Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Bio Solar, Dex, dan Dexlite.

      Mobil Modifikasi Asal Indonesia Punya Pasar Besar di Luar Negeri

      Pemerintah juga akan terus mendorong nilai tambah dari industri otomotif, termasuk usaha modifikasi mobil atau kendaraan.

      Daihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

      Daihatsu Rocky adalah mobil dengan harga Rp200 jutaan yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp99.000.

      Daihatsu Rocky, Sahabat Eksis dengan Fitur Keselamatan Canggih

      Selain itu, yang istimewa pada Daihatsu Rocky adalah teknologi keselamatan yang terdapat khusus pada varian ASA.

      Daimler Masih Siap Boyong Prototipe Bus Listrik

      Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) sebagai perusahaan distribusi kendaraan komersial Mercedes-Benz berencana untuk memboyong prototipe unit bus listriknya ke Indonesia pada kuartal I/2023 mendatang. 

      Daihatsu Beberkan Tips Aman Kendarai Mobil di Jalanan Naik-Turun

      Melintasi jalan naik-turun yang harus diperhatikan adalah kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan.

      Cara Naik KRL Commuterline Solo-Jogja Tanpa Kartu, Bayar Pakai GoPay & LinkAja

      Berikut ini terdapat cara naik KRl Commuterline Solo-Jogja tanpa menggunakan kartu KMT maupun e-money, tapi bayar dengan GoPay atau LinkAja.

      Biaya Isi Bensin Full Tank Mobil Avanza dengan BBM Jenis Pertalite dan Pertamax

      Segini biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi bensin full tank BBM jenis Pertalite atau Pertamax untuk mobil Avanza.

      Tarif Tiket KA Bandara Solo Terbaru, Lengkap dengan Jadwalnya

      Berikut ini terdapat tarif tiket dan jadwal perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS) dari Stasiun Solo Balapan.

      Tempuh 120 Km, 35 Bikers Uji Ketangguhan Honda ADV 160 Libas Aneka Medan Jalan

      Para bikers yang telah memiliki skutik penjelajah New Honda ADV 160 mengaku bahwa DNA Explorer Touring pada motor New Honda ADV 160 ini sangat terasa.

      Jelang G20, Hyundai Siapkan 400 Mobil Listrik bagi Kepala Negara

      Mobil listrik bakal menjadi kendaraan utama para delegasi G20 di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung November 2022 di Pulau Bali. 

      Dukung Pertemuan Menteri G20 di Bali, Astra Siapkan 90 Unit Kendaraan Listrik

      Astra berkomitmen menyukseskan kelancaran pertemuan ketiga TIIWG serta Pertemuan Tingkat Menteri Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali pada Senin-Jumat (19-23/9/2022).