Tutup Iklan

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

 Ilustrasi memakai lensa kontak. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai lensa kontak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion. Tak jarang orang memakainya agar bola mata bisa terlihat berganti-ganti warna.

Saat ini, jenis lensa kontak yang umum digunakan adalah soft lens dan hard lens. Mungkin belum banyak orang yang tahu perbedaan antara keduanya. Padahal, soft lens dan hard lens memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Soft lens adalah lensa kontak yang terbuat dari plastik dan air atau water content. Kandungan air ini bermanfaat untuk memberikan oksigen ke kornea mata, sehingga Anda akan merasa nyaman saat menggunakan lensa kontak.

Sementara itu, hard lens adalah jenis lensa kontak yang terbuat dari plastik berbahan silikon, sehingga memungkinkan oksigen untuk langsung masuk melalui lensa ke kornea mata Anda. Tipe hard lens yang populer adalah Rigid Gas Permeable (RGP).

Baca Juga: Seperti Melody eks-JKT48, Para Artis Ini Tertipu Saat Beli Tas Branded

Mengutip laman alodokter.com, Jumat (15/10/2021), perbedaan jenis lensa kontak soft lens dengan hard lens yang paling signifikan adalah pada bentuknya. Ukuran diameter soft lens lebih besar dibandingkan dengan hard lens.

Selain itu, karena terbuat dari bahan plastik yang berbeda, tekstur soft lens dan hard lens pun tidak sama. Tekstur soft lens cenderung lebih lunak dan mudah melekat pada mata, jadi bisa terasa lebih nyaman saat digunakan.

Dibanding soft lens, tekstur hard lens cenderung lebih keras dan kokoh sehingga mungkin akan menimbulkan sensasi mengganjal pada mata, dan Anda pun mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk terbiasa menggunakannya.

Baca Juga:  Benarkah Honor BTS untuk Penampilan di Sidang Umum PBB Telat Dibayar?

Dari segi harga, hard lens umumnya terbilang lebih mahal dibandingkan soft lens.

Sebenarnya, baik atau tidaknya kualitas lensa kontak tergantung kebutuhan dan kondisi mata penggunanya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan lensa kontak, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan soft lens serta hard lens berikut:

Kelebihan dan Kekurangan Soft Lens

Selain lebih nyaman dan ekonomis, kelebihan soft lens lainnya adalah lensanya tidak mudah copot atau bergeser di mata. Meski begitu, tekstur soft lens yang tipis membuat lensanya lebih rentan untuk sobek, sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya.

Pemakaian soft lens yang terlalu lama juga berisiko menyebabkan luka atau iritasi pada mata karena kekurangan oksigen. Pemakaian soft lens yang tidak tepat berisiko menyebabkan infeksi mata.

Oleh karena itu, jika hendak menggunakan soft lens, sebaiknya pilih soft lens dengan kandungan air yang sesuai dengan kondisi mata Anda. Kandungan air dalam soft lens bisa berkisar antara 38% hingga 75%.

Kelebihan dan Kekurangan Hard Lens

Kelebihan hard lens adalah lebih tahan lama, tidak mudah sobek, dan dapat memberikan Anda penglihatan yang lebih tajam dibandingkan soft lens. Selain itu, jenis lensa kontak ini juga mungkin bisa terasa lebih nyaman dan bisa memperbaiki penglihatan lebih baik pada orang yang mata silinder.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Bicara Duta Karantina, Cie Nyindir Siapa Nih?

Meski demikian, ukuran lensa hard lens yang lebih kecil bisa membuat lensa kontak ini lebih mudah terlepas dari mata serta memicu masuknya debu atau kotoran di bawah lensa.

Durasi penggunaan lensa kontak hard lens yang relatif lama, yakni sekitar 1 tahun, terkadang juga bisa berisiko menyebabkan mata mengalami iritasi, terutama jika lensa kontak ini disimpan dan digunakan secara kurang tepat.

Apa pun jenisnya, baik soft lens maupun hard lens, keduanya dapat membantu mengatasi masalah penglihatan Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan lensa kontak memerlukan perawatan ekstra dan lebih berisiko menyebabkan mata kering, mata merah, infeksi mata, hingga luka pada kornea.


Berita Terkait

Berita Terkini

Terkuak! 2 Jenis Vaksin Ini Paling Ampuh untuk Dosis Ketiga

Berdasarkan penelitian ada dua jenis vaksin yang dinilai paling ampuh untuk vaksin dosis ketiga.

+ PLUS Menuai Berkah Abu Vulkanik di Balik Musibah Erupsi Gunung Berapi

Di balik musibah erupsi gunung berapi, ada berkah yang bisa diambil berupa manfaat abu vulkanik bagi kesuburan tanah.

Orang Terinfeksi Varian Omicron Cenderung Tunjukkan Gejala Ringan

Kepala Institut Nasional Penyakit Menular,  Takaji Wakita, memperingatkan agar tidak membuat penilaian tergesa-gesa mengenai risiko orang yang terinfeksi varian omicron mengembangkan gejala parah.

Begini Cara Menghadapi Banjir Agar Tidak Tertular Penyakit

Jika Anda tinggal di daerah rawan banjir, sebaiknya ketahui cara menghadapi bencana alam ini.

Banyak yang Bilang Mirip, Apa Sih Beda Tongseng dan Tengkleng?

Adakah yang tahu perbedaan antara dua kuliner lezat dan penuh cita rasa dari kambing, tengkleng dengan tongseng?

Mengenal Canthik Rajamala Seperti Bandul Kalung yang Dipakai Gibran

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terlihat memakai kalung berbandul miniatur atau replika Rajamala. 

Anak-anak Rentan Mengalami Nyeri Punggung, Ini Cara Mengatasinya

Rentan dialami anak-anak di masa pandemi Covid-19, bagaiman cara mengatasi nyeri punggung pada anak kecil?

Daripada Jajan Mahal, Yuk Bikin Tengkleng Khas Solo dengan Resep Ini

Daripada jajan mahal-mahal, kamu bisa masak sendiri hlo tengkleng khas Solo di rumah dengan resep yang mudah ini.

Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa, Ini Hukumnya dalam Islam

Ingin dilakukan Doddy Sudrajat, bagaimana sih hukum memindahkan makam menurut ajaran Islam? Begini jawaban dan penjelasan Nahdlatul Ulama (NU).

Doa Agar Terhindar dari Cobaan Berat dan Takdir yang Buruk

Berikut ini terdapat doa agar terhindar dari cobaan yang berat serta takdir buruk menurut ajaran Islam, yang dilengkapi latin dan artinya.

4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Demensia

Sejumlah studi menunjukkan bahwa kopi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tertipu Kontraksi Palsu? Ini Perbedaannya dengan Tanda Melahirkan

Dengan mengetahui perbedaan kontraksi palsu dengan tanda hendak melahirkan, ibu hamil tidak akan panik lagi.

Ini Pemicu Kontraksi Palsu, Salah Satunya Berhubungan Intim Saat Hamil

Tips kehamilan kali ini membahas apa sajakah pemicu kontraksi palsu pada ibu hamil?

Kenali Ciri-Ciri Kontraksi Palsu Seperti Dialami Nathalie Holscher

Menurut American Pregnancy Association, kontraksi palsu biasanya lebih sering muncul di trimester ketiga, khususnya menjelang waktu melahirkan.

Ketahui Dampak Dating Violence pada Perempuan

Depresi hingga berujung bunuh diri seperti dialami NW sebenarnya hanya sebagian dampak negatif dari tindakan dating violence.

Berikut Ini Kategori Penerima Vaksin Booster Gratis dan Berbayar

Akan ada dua kategori penerima vaksin booster yakni gratis dan berbayar, tentu ada kriteria tersendiri yang harus dipenuhi penerima.