SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Shin Tae-Yong. (Youtube/Deddy Corbuzier)

Solopos.com, SOLO-Istilah weight training mencuat saat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan hal itu sebagai salah satu kekurangan pemain sepakbola Indonesia. Hal itu diungkapkannya dalam podcast Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

Bagi kebanyakan orang bisa jadi belum begitu familier dengan istilah weight training. Bahkan di podcast tersebut, Deddy Corbuzier sebagai pembawa acara sempat mempertanyakan apa pentingnya pelatihan tersebut bagi pemain bola?

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Istilah weight training sendiri bagi Deddy Corbuzier memang bukan hal baru. Sebagai pemilik gym dan rutin berolahraga, ayah satu anak ini sudah familier dengan istilah tersebut.

Baca Juga: Ngobrol dengan Deddy Corbuzier, Pelatih Shin Tae-Yong Ungkap Ini

“Jadi sangat penting weight training untuk menguatkan, maksudnya main bola main body, pasti keras. Tertabrak, terbentur begitu, harus keras. Kalau nggak kan ya pasti bisa cedera juga gampang,” kata Jeong Seok-seo menerjemahkan ucapan Shin Tae Yong di podcast Deddy Corbuzier pada Selasa (11/1/2022). .

Lalu apakah yang dimaksud dengan weight training?  Weight training memiliki arti latihan fisik atau latihan beban.

Melansir dari ob.fit.com dan Bisnis.com pada Kamis (13/1/2022), weight training merupakan salah satu bentuk latihan daya tahan otot yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk tubuh yang ideal. Selain itu, weight training juga bisa membantu seseorang menurunkan berat badan secara efektif.

Manfaat lain dari melakukan latihan beban ini adalah menguatkan otot agar seseorang lebih mudah melakukan berbagai hal. Jika dalam konteks atlet sepak bola, maka melakukan weight training dapat meningkatkan pertahanan tubuh dari serangan lawan saat bertanding. Rutin melakukan weight training juga membuat seseorang tak mengalami penurunan massa otot.

Baca Juga: Perhatikan Pola Makan Penderita Stroke Seperti Tukul Arwana

Bahkan para atlet bisa terhindari dari cedera karena adanya penguatan tulang dan jaringan-jatingan tubuh. Melakukan weight training juga meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Namun perlu diingat bahwa melakukan weight training, khususnya bagi atlet dan seseorang yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh, harus berada dalam pengawasan ahli. Weight training menjadi efektif saat Anda melakukan tekniknya dengan benar.

Pasalnya teknik latihan beban ini jika dilakukan dengan salah akan menimbulkan patah tulang, keseleo, dan cedera yang lain. Sebelum melakukan latihan beban ini, Anda juga harus mempertimbangkan frekuensi latihan. Pelaksanaan latihan beban seharusnya dilakukan secara teratur dan terukur. Misalnya 3-5 kali dalam sepekan dengan intensitas latihan yang disesuaikan. Kemudian imbangi latihan dengan pengaturan pola makan yang baik dan istirahat yang cukup.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya