SOLOPOS.COM - Seorang penyanyi tampil samping displai Honda Genio di acara Honda Japanese Fest with BeAt and Genio di Solo Square, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/8/2023). Kini Honda Genio sudah dilengkapi dengan teknologi ISS. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-PT Astra Honda Motor (PT AHM) menyematkan teknologi canggih ISS atau Idling Stop System pada beberapa varian produk Honda Genio baru mereka.

Fitur ISS ini juga disematkan pada beberapa motor matic seperti Honda PCX 150, Honda PCX 160, Honda Vario dan Honda BeAT.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dengan demikian, Honda Genio tipe tertentu tersebut kini selain punya fitur CBS atau Combi Brake System, juga punya ISS. CBS adalah sistem kombinasi pengereman. Yakni pengereman otomatis roda depan dan belakang hanya dengan menarik satu tuas rem (kiri).

Sedangkan ISS adalah sistem teknologi yang dipakai Honda untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak, misalnya saat berhenti di lampu merah.

Artinya, saat itu pembakaran di dalam mesin berhenti sehingga dapat mengurangi konsumsi BBM yang tidak perlu, sehingga menurunkan emisi gas buang.

Cara mengaktifkan ISS ini juga mudah. Mengutip Astra-honda.com, cukup tekan tombol ISS yang ada di stang sebelah kanan ke posisi Idling (tekan bagian bawah). Saat tombol berada di posisi Idling, lampu indikator pada panel meter akan menyala. Ketika motor dijalankan maka sensor akan memerintahkan Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan fitur ISS.

Dan ketika motor berhenti sejenak seperti di perempatan atau lampu merah, mesin akan otomatis mati/dimatikan oleh ISS. Saat itu lampu indikator akan berkedip menandakan bahwa ISS sedang aktif atau digunakan.

Kemudian jika lampu rambu-rambu lalu lintas itu sudah menyala hijau dan saatnya berjalan, pengguna cukup memutar tuas gas. Pada saat tuas gas diputar tersebut Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memerintahkan altelnator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter. Motor pun akan berfungsi kembali seperti biasa.

Sementara itu, ketika tombol ISS berada di posisi Stop (tekan tombol bagian atas) maka fitur ISS tidak bekerja (mesin motor tetap menyala saat berhenti).

 

Syarat ISS Bisa Bekerja

  • Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop”
  • Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
  • Temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius
  • Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam
  • Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh
  • Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis

Sementara itu, Corporate Communication Analyst Astra Motor Jateng, Pavita Wahyuni Tandiharjo, mengatakan dengan adanya fitur pada Honda Genio tersebut membuatnya tak kalah canggih dengan motor matic Honda lain di atasnya. “Meski Honda Genio ada di kelas low-middle, tapi kecanggihannya tak kalah dengan kelas di atasnya,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di acara Honda Japanese Fest with BeAt and Genio di Solo Square, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/8/2023).

Soal harga, Honda Genio ada pada kisaran Rp21 juta. “Harga terjangkau, tetapi canggih,” imbuhnya.

Ia membeberkan harga Honda Genio on the road (OTR) Jawa Tengah saat ini adalah Rp20.455.000 untuk yang CBS dan Rp21.005.000 untuk yang CBS-ISS.

Sementara itu, salah satu pengunjung yang ada di acara Honda Japanese Fest with BeAt and Genio, Andi, mengatakan minatnya untuk memiliki Honda Genio. “Kepangin sih. Honda Genio murah, canggih, modelnya keren, warnanya juga bagus,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu sales lapangan Pratama Kurnia Kasih Solo, Risdianto mengatakan, Honda Genio kini punya warna baru dan fitur baru. “Fitur baru lainnya adalah ISS, yaitu mematikan dan menghidupkan mesin secara otomatis saat motor berhenti,” ujarnya.

Selain itu, selama bulan Agustus pihaknya memberikan promo uang muka ringan untuk Honda Genio. “Khusus bulan Agustus ini ada promo uang muka Rp600.000 sudah bisa ambil Genio. Biasanya uang muka Rp1 juta,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya