Kategori: Leisure

Mengenal Glass Block, Material Penerang Ruangan dan Penjaga Privasi


Solopos.com/Celia Sandjaja

Solopos.com, SOLO -- Kamu salah satu orang yang suka akan privasi dan ingin membuat rumah terang? Jangan khawatir. Kamu tetap bisa mencari alternatif lain material yang kamu pakai untuk rumahmu yakni glass block.

Ingin tampilan hunianmu tampak lebih cerah? Jika penggunaan kaca membuat interior rumah terekspos, kini terdapat alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat hunian lebih terang tanpa mengganggu privasi, yaitu glass block.

Glass block berfungsi seperti layaknya kaca, namun tidak tembus pandang. Nah, jika kamu tertarik menggunakan material yang satu ini, kami sudah merangkum serba serbi tentang glass block seperti dikutip dari dekoruma.com.

Baca Juga: Begini Konsep Desain Interior Rumah Minimalis Ala Milenial

Definisi Glass Block
Glass block atau disebut juga dengan blok kaca merupakan material yang terbuat dari kaca tebal, tapi tampilannya tidak tembus pandang sehingga berbeda ketimbang kaca biasa. Terdiri dari berbagai macam variasi ukuran, warna, bentuk, ataupun tekstur. Glass block dikembangkan dari prinsip pencahayaan prisma yang ada sejak tahun 1900-an dan saat itu dipakai di lingkungan pabrik untuk menambah pencahayaan.

Fungsi Utama
Glass block biasa digunakan di rumah untuk diaplikasikan pada dinding. Hal ini karena glass block memiliki fungsi utama untuk menciptakan sistem pencahayaan natural pada hunian. Penggunaan glass block membuat sinar matahari bisa dengan mudah memasuki ruangan serta membuat rumah akan terlihat cerah dan terang meskipun tidak menggunakan lampu.

Ruangan Tidak Pengap

Kelebihan
Adanya bahan kaca tebal dalam proses produksi glass block, membuatnya memiliki tampilan yang jernih, namun tidak transparan. Serta privasi ruangan kamu bisa terjaga karena orang lain tidak bisa melihatnya.  Penggunaan glass block selain di dinding, bisa juga dipakai pada ruangan keluarga, kamar, kamar mandi atau dapur karena membuat area tidak pengap.

Penggunaan glass block bisa menghemat penggunaan listrik karena ruangan mendapat cahaya alami dari luar dan tidak perlu menyalakan lampu. Keunggulan lain terletak pada kekuatan yang prima karena memiliki bahan yang sangat tebal sehingga awet dan tahan lama.

Baca Juga: Begini, Inspirasi Desain Interior dari Warna Hitam Putih

Penggunaan dan Perawatan
Proses instalasi glass block dapat dilakukan secara langsung seperti memasang batu bata karena tidak memerlukan kusen kayu. Kamu tidak perlu repot dalam merawat glass block karena kamu cukup membersihkannya dengan lap basah.

Untuk menjaga tampilan glass block tetap mengkilap, kamu bisa membersihkannya memakai cairan pembersih abrasive. Setelah itu, sikat permukaan area glass block dengan sikat gigi sampai tampilan glass block mengkilap.

Harga
Kamu bisa mencari glass block dengan mudah di toko material. Harga glass block sendiri berbeda-beda tergantung varian, ukuran, motif, ataupun warna. Namun glass block biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp15.000 sampai Rp20.000 per pcs. Jika ingin membuat rumah semakin cerah dan menjaga privasi setiap ruangan, maka pertimbangkan untuk memakai glass block di rumah.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma