SOLOPOS.COM - Rintan Faristya Sari / Finalis no. 18

Rintan Faristya Sari / Finalis no. 18

Rintan Faristya Sari / Finalis no. 18

Sebagai remaja yang menyandang calon putra-putri daerah dan calon pemimpin bangsa, haruslah mempersiapkan diri mulai dari diri sendiri sebelum kita terapkan kepada ruang lingkup yang lebih luas. Sebagai generasi muda bisa melakukan kewajiban sekaligus hak kita dengan belajar. Dan alangkah baiknya kita bisa belajar dan menerapkan ilmunya di negeri sendiri, Indonesia. Selain itu, kita juga harus bersikap lebih peduli dan kritis terhadap segala sesuatu yang terjadi pada sekitar kita, percuma kualitas SDM tinggi bila tidak didukung kemampuan sosialisasi yang baik dan satu hal yang sangat penting adalah kesadaran dari diri kita sebagai bangsa yang berbudaya terhadap pelestarian budaya daerah maupun budaya bangsa, mengingat beberapa budaya kita yang mulai di-klaim oleh Negara lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam  artikel ini, saya sebagai calon putri daerah dan generasi calon pemimpin bangsa menuangkan pemikiran dan penghayatan saya mengenai rencana memajukan dan menjadikan Kabupaten Sukoharjo lebih makmur.

Dilihat dari potensi yang ada di Kabupaten Sukoharjo, kabupaten dengan slogan “ Makmur” ini mempunyai banyak potensi yang dapat kita kembangkan. Rencana-rencana tersebut antara lain.

1.    Meningkatkan kualitas SDM melalui Pendidikan.

Untuk membangun suatu daerah yang maju, hal pertama yang harus dikembangkan adalah pendidikan. Dari pendidikan, seseorang mendapatkan ilmu untuk berfikir dan berusaha bagaimana cara memajukan daerahnya yang dimulai dari kesadaran diri sendiri. Sehingga dari semua potensi-potensi yang ada dalam Kabupaten dapat dimanfaatkan dan dikelola berdasarkan keterampilan dan ilmu yang mereka peroleh dari pendidikan. Seseorang juga akan berfikir, bagaimana mengembangkan inovasi-inovasi sehingga dapat menciptakan lapangan kerja yang dapat meningkatkan taraf hidup dan mengurangi pengangguran. Untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Sukoharjo dapat dilakukan dengan : Sosialisasi terhadap masyarakat, tentang Program Wajib Belajar 9 tahun; Profesionalisme Guru dan Pendidik; Memberikan penghargaan (reward) yang sesuai bagi pelajar berprestasi dan guru berprestasi; Ikut mewujudkan sarana dan Prasarana pendidikan yang mendukung; Dukungan penuh dari Pemerintah dan peran serta masyarakat.

2.    Meningkatkan Kesehatan bagi seluruh masyarakat

Kesehatan merupakan syarat umum kedua yang diperlukan dalam mengembangkan suatu daerah, khususnya di Kabupaten  Sukoharjo. Karena percuma saja kalau daerah kita maju, potensi ada, dan pendidikan tinggi kalau kesehatan kurang ditingkatkan. Maka saya sebagai generasi muda berfikir, agar Pemerintah melalui Dinas Kesehatan dengan Berbagai pihak terkait lebih aktif  dalam penanganan kesehatan. Hal ini dapat dilakukan dengan : Sosialisasi kepada masyarakat tentang kesadaran dalam hal cara hidup sehat dan pentingnya kesehatan; Tersedianya tenaga dan kualitas tenaga medis yang professional oleh pemerintah; Mengembangkan sarana dan prasarana kesehatan, terlebih di pedesaan; Pengobatan gratis bagi mayarakat tidak mampu; Menciptakan lingkungan yang sehat dengan kerja bakti, jumat bersih, dll; Dukungan dari Pemerintah dan peran serta masyarakat.

3.    Mengembangkan Potensi Daerah secara Maksimal

Point ke empat ini merupakan akibat sebab dari point 1 dimana dari pendidikan, kita akan memperoleh ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sehingga dapat mengembangkan potensi daerah secara maksimal.

Seperti yang kita ketahui bersama, Kabupaten Sukoharjo unggul dalam sektor Pertanian. Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan dalam mengembangkan potensi dari sektor ini, yaitu : Pemerintah melalui Dinas Pertanian, aktif memberikan sosialisasi mengenai pertanian kepada seluruh petani; Upaya pelestarian Swasembada pangan seperti beras, jagung, kedelai, dll.; Pengembangan pra sarana, sumberdaya dan kelembagaan pertanian; Pemerintah harus aktif dalam menangani proses penyaluran sampai dalam proses pemasaran.

Pada sektor perindustrian, Kabupaten Sukoharjo mempunyai banyak hasil industri yang sangat menjanjikan. Hal ini merupakan hal yang sangat potensial apabila kita dapat mengembangkannya, yaitu : Mempromosikan prdouk-produk yang dihasilkan dari industri tersebut; Mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kualitas dan keungguluan produk yang dihasilkan agar masyarakat bangga memakai produk dalam negeri; Pemerintah perlu memberikan bantuan modal agar industri semakin berkembang sehingga banyak warga yang mendapat lapangan pekerjaan; Pemasaran produk yang dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat tahu akan produk yang dihasilkan melalui media massa, internet, dll.

Dengan demikian, maka pemasaran industri ini dapat maju dan menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. nama Kabupaten Sukoharjo dapat dikenal dan sebagian pendapatan hasil industrinya dapat menambah pemasukan APBD daerah.

Sementara itu, kabupaten Sukoharjo juga mempunyai beberapa sektor wisata.  Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Sukoharjo adalah : Mempromosikan obyek wisata dan mensosialisasikan; Selain itu, diperlukan pemikiran dan sumbangan tenaga secara sistematik untuk meningkatkan kerjasama antara sektor swasta dan pemerintah dalam memperkuat sumber dana bagi promosi kepariwisataan; Hal terakhir yang perlu disiapkan adalah sumber daya manusia yang harus terus menerus memberikan dukungan langsung terhadap pembangunan sektor pariwisata ini.

5.  Pengembangan Insfrastruktur dan Sarana Prasarana

Insfrastruktur merupakan faktor yang sangat mempengaruhi dalam mendukung  kelancaran segala kegiatan dan jalannya aktivitas. Jika kita lihat di Kabupaten Sukoharjo, kenyataan bahwa infrastruktur di daerah pusat kabupaten sudah bagus dan memenuhi syarat. Tetapi, terlepas dari itu bahwa kondisi infrastruktur di daerah pedesaan masih banyak menemukan kendala, contoh: jalan, jembatan, dll. Maka dari hal tersebut menurut saya yang harus dilakukan oleh pemerintah ialah : Melakukan pendataan yang akurat mengenai subyek infrastruktur yang perlu dibenahi; Melakukan perbaikan infrasrtuktur secara bertahap dan secara menyeluruh, meliputi : jalan, jembatan, sarana dan prasarana, dll; Sosialisasi kepada masyarakat, agar menjaga dan menggunakan infrastruktur dan sarana prasarana secara baik.

 6.  Mengentaskan Kemiskinan dan Pengangguran, dengan cara : Membuka lapangan kerja baru yang dilakukan oleh pemerintah; Pemberian modal kepada masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja; Pemerintah bekerjasama dengan Pihak Swasta, agar penyaluran tenaga lapangan kerja di prioritaskan untuk para pengangguran; Sosialisasi dan perhatian yang lebih dari pemerintah kepada pengangguran.

Tentang Penulis / Finalis no. 18

Nama : Rintan Faristya Sari
Alamat : Perum Korpri blok U.18, Gayam, Sukoharjo
Motto : Lakukan segala sesuatu dengan niat, ikhlas, dan usaha total, apapun hasilnya, kita telah berikan yang terbaik. Always try and we will know !
Perwakilan       : SMA Negeri 1 Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya