SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelola stres (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Stres bisa melanda siapa pun, namun tidak banyak yang sadar bila stres bisa dikelola. Mengelola stres menjadi penting agar stres yang dialami tidak berlarut-larut.

Ada banyak kisah tentang pesohor yang mengalami stres. Misalnya Giring Ganesha yang mengaku sempat stres hingga kerap bengong sendirian setelah gagal menjadi anggota DPR dalam Pemilu 2019 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Giring dalam Pemilu 2019 merupakan caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia mampu mendulang sekitar 97.000 suara dan termasuk caleg PSI peraih suara terbanyak. Namun, PSI tidak memenuhi ambang batas partai politik masuk DPR sehingga Giring juga gagal masuk Senayan.

Jenis Game Rekomendasi WHO Saat Social Distancing Covid-19

”Awalnya wah ngedrop bayangin lo sebenernya lolos, tapi nggak lolos. Dapat 97 ribu suara juga perjuangan setahun terakhir bener-bener blusukan sampai punya relawan 200 orang, mereka juga berjuang mati-matian,” ujarnya di channel Youtube Ari Lasso.

Kemenkes menyatakan orang akan sulit mencegah stres. Yang terpenting, orang mampu mengendalikan dan mengelola stres.

Sebelum mengelola stres, setidaknya ada beberapa gejala yang kerap muncul orang yang stres misalnya gelisah, muka pucat, dan kerap berdebar-debar.

Isolasi Diri 10 Hari, Begini Cara Detri Warmanto Sembuh dari Covid-19

Kemenkes menyatakan gejala stres lainnya adalah nafsu makan berkurang atau makan berlebih, sulit tidur dan tidak nyenyak, mudah tersingung, sulit konsentasi, dan ada keluhan seperti sakit kepala, sakit perut, atau maag.

Ada Beberapa Cara

Di laman Kemenkes disebutkan ada beberapa cara dalam mengelola stres dan mencapai jiwa yang sehat. Misalnya membicarakan keluhan atau masalah yang dihadapi dengan seseorang yang dapat dipercaya.

Bisa juga melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Kemudian menjaga kesehatan dengan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur, tidak cukup, makan bergizi, serta hidup sehat.

Bisa juga mengembangkan hobi bermanfaat, meningkatkan ibadah, berpikir positif, serta menenangkan pikiran dengan relaksasi. Ada beberapa teknik relaksasi saat mengelola stres.

Sebelum Pasang Panel Surya Atap di Rumah, Pahami Dulu Perizinannya

Pertama bisa duduk dengan posisi santai dan nyaman. Bayangkan hal yang menyenangkan dengan mata terpejam. Kemudian tarik napas dari hitung, tahan tiga hitungan lantas embuskan napas dari mulut. Bayangkan seolah beban pikiran dilepaskan. Cara ini bisa diulangi hingga 3 kali.

Terakhir tentu mensyukuri nikmat Tuhan, ikhlas, dan sabar. Itu beberapa cara mengelola stres yang bisa diterapkan. Tidak mudah memang, namun bisa dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya