Pengendara kendaraan bermotor melintas di jalan Soekarno Hatta ketika kabut asap pekat dampak karhutla menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (17/9/2019). (Antara/Rony Muharrman)

Solopos.com, SOLO — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mendera sejumlah daerah di Kalimantan dan Sumatra. Karhutla di sejumlah Kalimantan dan Sumatra menimbulkan kabut asap tebal di wilayah Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Karhutla di Sumatra dan Kalimantan juga memicu perhatian dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Badan Antariksa Amerika Serikat (AS). NASA merilis foto karhutla di Kalimantan yang tampak dari luar angkasa.

Berdasarkan foto yang dipublikasikan di laman resmi NASA, tampak asap membubung di wilayah Kalimantan. Asap itu tampak mengarah ke wilayah utara.

Foto wilayah Kalimantan yang diambil dari MODIS pada satelit Aqua NASA, Minggu (15/9/2019). (Nasa.gov)
Foto wilayah Kalimantan yang diambil dari MODIS pada satelit Aqua NASA, Minggu (15/9/2019). (Nasa.gov)

Foto yang dirilis NASA itu diambil dari Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) pada satelit Aqua NASA, Minggu (15/9/2019). "Satelit telah mendeteksi bukti kebakaran di wilayah ini sepanjang Agustus, tetapi jumlah dan intensitas kebakaran meningkat pada pekan pertama September," ungkap NASA melalui laman resminya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, kabut asap di Kalimantan menyebabkan jarak pandang di wilayah yang dekat dengan sumber kebakaran terbatas. Sejumlah sekolah di Pekanbaru, Riau, bahkan terpaksa diliburkan akibat tebalnya kabut asap.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten