Mengejutkan, Achmad Purnomo Ngaku Tombok Jadi Wawali Solo
Achmad Purnomo (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo, mengaku tombok semenjak menjabat sebagai Wawali sejak tahun 2013 hingga sekarang.

Harta kekayaan Purnomo yang tercatat di Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang diterbitkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 22 Agustus 2019 sebesar Rp102,1 miliar diklaim sebagai harta yang diperoleh dari bisnisnya.

“Aset itu terkumpul sebelum saya jadi Wakil Wali Kota Solo. Sebelum tahun 2013. Sebelum saya jadi Wakil Wali Kota harta saya memang sudah segitu itu. Malahan sebetulnya setelah menjabat Wawali hitungannya kalau percaya malah tombok,” tutur Purnomo saat diwawancarai solopos.com di kediaman pribadinya di Jl. Bhayangkara Solo belum lama ini.

Polisi Sidak 7 Tempat Hiburan Malam di Solo, Ini Hasilnya

Dia mengungkapkan sebelum menjadi Wawali Solo dirinya tercatat sebagai staf pengajar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja.

Selain itu, Purnomo memiliki beberapa usaha yang memberikan sumbangan terhadap harta kekayaannya seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di beberapa daerah di Jateng dan Jogja.

“Jadi saya pengusaha SPBU, dan istri saya pengusaha batik. Ada juga hotel di Jogja, Hotel Sagan. Meskipun tidak besar tapi hotel,” aku dia.

Virus Corona Picu Pelemahan Kurs Rupiah Pagi Ini

Purnomo juga mempunyai sebuah pondok penginapan di sebelah utara Kampus UGM Jogja.

Sedangkan untuk SPBU dia tidak mau menyebutkan secara pasti jumlah maupun  lokasinya. Tapi beberapa di antaranya ada di Kota Salatiga, Jogja, Solo, dan Kebumen. Daerah yang disebut terakhir merupakan tempat kelahiran Purnomo.

Pilkada Klaten Bakal Makan APBD Rp64,5 Miliar

Begitu juga untuk aset tanah Purnomo tersebar di sejumlah daerah seperti Jogja dan Solo. “Untuk usaha masih jalan saat ini. Tapi yang pegang anak-anak saya. Mereka sudah besar-besar,” imbuh dia.

Diberitakan sebelumnya, Di LHKPN yang diterbitkan KPK pada 22 Agustus 2019 diketahui harta kekayaan Achmad Purnomo tercatat Rp102.128.318.551. Jumlah tersebut sudah dikurangi uutang sekitar Rp2 miliar.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho