SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Allahumma bariklana fi rajabana wasya’bana, wabalighna ramadhan. Demikian bunyi pesan SMS bersahut-sahutan di awal bulan Rajab 1432 H ini. Pesan yang menyejukkan, dari sebuah doa Rasulullah SAW yang mengingatkan keberkahan tiga bulan suci penting umat Islam yang berurutan. Rajab, Sya’ban dan Ramadhan.

Para ulama salaf menyampaikan, Kangjeng Nabi Muhammad SAW bersabda, Rajab (Rejeb) adalah bulannya Allah SWT, Sya’ban (Ruwah) adalah bulannya Muhammad Rasulullah, dan Ramadhan (Pasa) adalah bulannya umat Beliau SAW, yakni umat Islam. Betapa karunia yang tak ternilai. Sebuah anugerah khusus yang tak terhingga bagi kaum Muslimin. Semesta ungkapan syukur tak ada bandingnya dengan anugerah Tuhan ini. Hingga kita sadar makna dari pengakuan ketidakmampuan Nabi SAW untuk memuji Allah SWT dengan selayaknya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sang Rasul SAW dengan rasa haru menghamba tersungkur sujud berbisik memanjatkan puji ke hadirat Agung, “Tuhanku, tidaklah aku mampu memuji-Mu, sebagaimana layaknya Engkau memuji Diri-Mu Sendiri”. Mahluk terbaik pilihan Tuhan sekaligus yang paling mengenal Tuhan itu mengajarkan kepada manusia bahwa samudra syukur sepenuh lahir batin tak akan pernah cukup bagi-Nya. Artinya, manusia yang menghamba kepada-Nya, tak akan pernah selesai memiliki perasaan ‘berhutang’ atas seluruh karunia dan Cinta Kasih-Nya. Hutang yang Tuhan sendiri tak menghendaki dibalas dengan apa pun kecuali pengakuan manusia atas ke-Ilahiah-an dan ke-Esa-an-Nya Semata. Tuhan tidak menghendaki jagad seisinya, kecuali penghambaan manusia itu secara ikhlas dan kaffah (total). Betapa Pemurah dan Pengasihnya Dia, dan betapa malunya kita dihadapan-Nya.

Bulan suci Rajab, tampak dipersiapkan Allah SWT bagi kaum Muslimin untuk mengenang ‘rasa Muhammad’ itu. Rasa saat Beliau mi’raj berkomunikasi dengan Allah. Inilah saat tepat bagi umat Islam untuk mengenang, menggali, memperbaiki dan merasakan lagi salat-nya Muhammad. Yakni amal ibadah yang diperintahkan Allah SWT secara khusus kepada Rasulullah SAW, sekaligus anugerah tak terkira yang diterima Nabi SAW dan sejagad pengikutnya.

Sholat dan istighfar Rajab

Alhamdulillah, umat Islam dianugerahi cara berkomunikasi dengan Tuhannya melalui salat. Momentum perintah salat, khususnya salat lima waktu itu didapat saat mi’raj Nabi SAW hingga Sidratul Muntaha. Sebuah pengalaman yang tak didapat oleh Nabi dan Rasul manapun. Hanya Beliau Al-Musthofa yang diperkenankan Allah SWT berhadapan langsung dengan-Nya. Rasa kumawula atau penghambaan tulus Muhammad yang berbuah cinta kasihnya kepada seluruh manusia dan alam raya tanpa pandang bulu, telah menyentuh Dia Sang Maha untuk memperjalankannya hingga pertemuan agung, indah dan suci itu. Tak ada mahluk lain yang seistimewa Muhammad SAW hingga diperlakukan Tuhan seperti itu. Seolah Allah SWT berfirman, ”Rajab ini bulan-Ku, sebab saat itulah Aku tentukan perjumpaan khusus dengan Muhammad kekasih-Ku. Tak Kuciptakan segala ini kecuali karena cinta-Ku kepada Muhammad kekasih-Ku itu”.

Teladan perjumpaan inilah yang bisa kita tegakkan hanya dengan salat. Bukankah Asholatu mi’rajul mukminin? Sesaat setelah takbiratul ihram, kita rasakan dalam-dalam kebesaran-Nya, memuji dan mensucikan-Nya, ”Allahu akbar kabira..” Dilanjutkan dengan ikrar perjumpaan inni wajahtu..hingga pernyataan bahwa sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan mati untuk Allah Tuhan semesta alam nan Esa, Sandaran pasrah kita.

Bulan Rajab maka berarti bulan perbaikan Salat. Tanpa Salat, manusia tak akan ma’rifat. Hanya dengan salat, manusia akan mengenal Tuhan. Jika melihat problem diri kita masing-masing, serta karut-marut dunia saat ini, kita wajib mohon ampun ber-istighfar atas ego diri, dosa, kelalaian serta laku salat kita yang belum sepenuhnya benar. Membenahi salat dan mengamalkan doa istighfar Rajab dari Nabi SAW serta para Wali adalah amal maha penting di bulan ini. Tiada lain pula  untuk melapangkan wadah jiwa menerima Ramadhan sebagai hadiah nanti. Wallahu a’lam bishshawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya