Kategori: Jateng

Mengapa Hanya Kepala Daerah Semarang Raya Dilantik Langsung?


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SEMARANG Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik 21 kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020, Jumat (26/2/2021). Meski demikian, dari 21 kepala daerah terpilih itu hanya empat daerah yang pelantikannya dilakukan secara langsung. Sisanya secara daring atau online.

“[Pelantikan] akan kami gelar secara hybrid. Karena saya harus di ibu kota provinsi [Semarang], maka yang akan saya undang yang di Semarang Raya, yakni Wali Kota/Wakil Wali Kota Semarang, Bupati/Wakil Bupati Semarang, Kendal, dan Demak. Lainnya nanti melalui daring,” ujar Ganjar di kantornya, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Tak Ditangkap Polisi, Raffi Ahmad dan Ahok Trending Topic Twitter

Pelantikan empat kepala daerah terpilih itu akan digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Sementara calon lainnya, yang dilantik secara daring akan berada di gedung DPRD masing-masing daerah.

Ganjar menambahkan meski digelar secara langsung, empat calon bupati/wali kota yang akan dilantik diminta untuk tidak membawa rombongan. Kepala daerah terpilih yang akan dilantik di Gradhika Bhakti Praja hanya diizinkan membawa keluarga inti.

Jaga Protokol Kesehatan

"Yang lain seperti forkompimda saya minta tetap di daerah masing-masing dan menyaksikan via daring. Kami ingin acara pelantikan ini betul-betul menjaga protokol kesehatan," tegasnya.

Secara umum, pelaksanaan pelantikan empat kepala daerah terpilih itu bisa diatur dengan baik apabila hanya diikuti keluarga inti. Hal itu dikarenakan ruangan di Gradhika Bhakti Praja cukup besar untuk acara pelantikan besok.

Baca Juga: Mengeluh Punya Haters ke Fiki Naki, Mata Dayana Berkaca-Kaca...

"Kalau hanya empat pasangan calon plus keluarga, maka protokol kesehatannya bisa dimanajemen dengan baik," pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 21 daerah di Jateng menggelar pilkada serentak pada tahun 2020 lalu. KPU sudah mengumumkan penetapan pemenang Pilkada dan pelantikan akan digelar pada Jumat (26/2/2021) oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono