Pemandian Air Panas Bayanan Sragen (Pemkab Sragen)

Solopos.com, SOLO -- Objek wisata pemandian air panas Bayanan di Desa Jambeyan, Sambirejo, Sragen, mendapatkan guyuran Rp4,6 miliar untuk memoles tempat wisata itu. Pemandian air panas ini memiliki beragam keunggulan, meski belum sepenuhnya tergarap maksimal.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemkab Sragen, Senin (10/2/2020), air panas Bayanan mengandung belerang. Dengan kandungan itu, berendam di tempat ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Selain itu, berendam di air panas Bayanan juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capai-capai, dan membuat awet muda.

Dilansir dari Okezone, mandi dan berendam di air panas dengan suhu sekitar 32-35 derajat Celcius akan membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin.

Viral Tugu Tol Madiun Disebut Mirip Palu Arit, Ini Penjelasan Pengelola

Berendam menggunakan air panas juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan untuk berendam yaitu sekitar 10 hingga 20 menit.

Merendam badan di air panas bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung, diabetes, liver, dan lainnya. Namun, harus dilakukan secara rutin.

Merendam kaki di dalam air panas sangat baik bagi penderita penyakit insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Caranya, masukkan kaki ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit sampai kaki berasa hangat.

Mandi atau berendam air panas bisa meringankan beban pikiran. Untuk temperatur air untuk mandi atau berendam sekitar 30-35 derajat Celcius. Mandi atau berendam dengan air panas bisa meredakan ketegangan, apalagi sambil menikmati keindahan alam.

Dipakai Angkut 3 Ekor Sapi Curian, Honda Odyssey Ambles

Berendam air panas disebut bisa bikin awet muda karena mengandung sulfur. Sulfur yang terkandung di air panas alami bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Caranya, usapkan air panas yang mengandung belerang itu ke wajah secara berkali-kali.

Kabid Destinasi dan Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen, Muhtar Ahmadi, saat dihubungi Solopos.com, menyatakan anggaran Rp4 miliar akan digunakan membangun pedestrian, gazebo, pergola, gapura, kios, dan tourist information center (TIC) di pemandian air panas Bayanan.

Setelah pembangunan selesai, kata dia, Dispora lebih gencar mempromosikan objek wisata itu ke khalayak. Dia mengatakan adanya kirab budaya Memetri Umbul Bayanan sejak tahun lalu mampu mendongrak wisatawan.

Sumber: Newswire


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten