SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Aksi penipuan lewat sms yang mengaku wartawan terjadi di Kulonprogo, setelah sebelumnya terjadi di Sleman (Baca : Wartawan Gadungan Tipu Para Camat di Sleman). Sasaran dari kejahatan ini adalah sejumlah pejabat di jajaran Pemkab dan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) Kulonprogo.

Kali ini, kejadian tersebut menimpa Camat Lendah, Camat Kalibawang, serta Kabag Umum Setda Kulonprogo.  Beruntung, tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari informasi yang dihimpun, modus yang digunakan serupa. Seorang bernama Yudi mengaku sebagai wartawan surat kabar lokal mengirimkan sms kepada para pejabat yang berisi permintaan transfer uang untuk biaya temannya yang sakit kanker. Kejadian tersebut terjadi dua hari berturut-turut, pada Senin (15/9/2014) dan Selasa (16/9/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Camat Lendah Sumiran menuturkan ia merasa ragu dengan SMS yang diterimanya itu. “Baru saja saya terima SMS-nya tetapi karena tidak yakin saya meminta konfirmasi dengan teman-teman wartawan di Kulonprogo,” ujarnya, Selasa (16/9/2014).

Ia menilai, akhir-akhir ini marak penipuan dengan SMS sehingga ia lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya.

Kabag TI dan Humas Setda Kulonprogo Rudy Widiyatmoko membenarkan kejadian serupa juga dialami Camat Kalibawang Setiawan dan Kabag Umum Setda Kulonprogo Bowo Pristiwanto.

Ia mengaku sempat menerima SMS dari seseorang yang mengaku sebagai wartawan dan meminta nomor telepon pejabat di Kulonprogo.

“Saya biasa dimintai informasi dari wartawan, tetapi waktu itu saya curiga jadi saya berikan nomor telepon staf saya saja dan mereka sudah saya ceritakan persoalannya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya