Tutup Iklan

Mengaku Disiksa Polisi, Luthfi Terancam Diperkarakan Lagi

"Kalau dia tidak bisa membuktikan, dia bisa melanggar hukum juga, bumerang itu maksudnya," kata Asep.

Mengaku Disiksa Polisi, Luthfi Terancam Diperkarakan Lagi

SOLOPOS.COM - Terdakwa Dede Lutfi Alfiandi (kanan) memeluk ibunya Nurhayati Sulistya (kiri) sebelum mengikuti sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019). (Antara-Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, JAKARTA -- Pengakuan Dede Luthfi Alfiandi, 20, pemuda peserta aksi demonstrasi siswa STM menolak pengesahan RKUHP bahwa dirinya dianiaya polisi, berbuntut panjang. Kesaksiannya di pengadilan itu membuatnya terancam terseret perkara baru.

Dalam kesaksiannya, Luthfi mengaku mendapat penyiksaan dan disetrum agar mau mengaku melempar polisi saat aksi demonstrasi di depan Gedung DPR beberapa waktu silam. Pengakuan Luthfi tersebut direspons kepolisian dengan mengancam akan memperkarakannya jika tak bisa membuktikan.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan Mabes Polri bakal melakukan gelar perkara baru setelah Divisi Propam Polri memeriksa lima penyidik di Polres Jakarta Barat dan Luthfi. Gelar perkara tersebut terkait keterangan Luthfi yang mengaku disiksa aparat kepolisian saat menjalani pemeriksaan.

Menurutnya, Luthfi ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan bukti komprehensif, bukan hanya keterangan saksi. Dan yang paling utama, yakni kedatangan pemuda itu ke lokasi demonstrasi dengan mengenakan seragam SMK.

LPSK: Jika Benar Luthfi Disiksa Polisi, Dakwaan Tidak Sah!

Asep mengungkapkan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah memberi perhatian serius terkait tuduhan tersebut. Bahkan, menurut Asep, Kapolri langsung membentuk tim khusus untuk menelusuri fakta dari tuduhan tersebut dan telah memeriksa lima orang penyidik Polres Metro Jakarta Barat.

"Jadi hingga saat ini total sudah lima penyidik dari Polres Metro Jakarta Barat yang diperiksa terkait tuduhan tersebut. Tuduhan ini telah jadi perhatian serius Kapolri," tuturnya, Selasa (28/1/2020), dikutip Solopos.com dari Bisnis.

Menurut Asep, jika semua tuduhan terdakwa Luthfi tidak terbukti. Maka Asep mengancam bahwa Polri bakal mengusut perkara dugaan tindak pidana fitnah tersebut. "Apabila tuduhan ini tidak benar, maka bisa jadi boomerang bagi yang bersangkutan," katanya.

Jika Benar Senjata Biologi China, Virus Corona Tak Bisa Masuk Indonesia?

Asep mengancam, jika keterangan Luthfi di pengadilan tidak terbukti, pemuda tersebut akan dimasukan dalam kategori memberikan keterangan palsu. Hal tersebut dilakukan, karena kesaksian Luthfi bisa dianggap menyudutkan polisi dan bisa diperkarakan.

"Kalau dia tidak bisa membuktikan, dia bisa melanggar hukum juga, bumerang itu maksudnya," kata Asep di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Barat pada Rabu (29/1/2020), dilansir Suara.com.

Asep mengklaim polisi sudah melakukan prosedur yang benar saat penangkapan Luthfi karena sudah mengantongi beberapa alat bukti seperti keterangan saksi dan rekaman CCTV. Selain itu, yang paling utama adalah kedatangan pemuda itu saat demo menolak pengesahan revisi UU KPK di kawasan Gedung DPR mengenakan seragam SMK.

"Secara de facto, dia [Luthfi] sudah tidak lagi pelajar. Berarti dari mens rea, apa niatnya ke lokasi menggunakan pakaian [seragam SMK] itu?" ujar Asep.

WNI di China Belum Dievakuasi, Jokowi: Wuhan Masih Dikunci

Menurutnya, jika alat bukti sudah memenuhi unsur tindak pidana, mustahil polisi mengintimidasi Luthfi untuk mengakui perbuatan yang tak pernah dilakukannya.

"Jadi, penetapan dia [Luthfi] sebagai tersangka itu memang didukung dengan berbagai alat bukti, bukan asal. Lalu korelasinya, kalau sudah ada petunjuk kenapa polisi harus melakukan tindakan kekerasan? Tidak perlu," katanya.

Sebelumnya, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Luthfi mengaku disiksa dan dipaksa mengakui terlibat melakukan penyerangan kepada aparat saat demo anak STM di DPR September lalu.

Di depan majelis hakim, Luthfi mengaku disetrum oleh penyidik sekitar 30 menit dan disuruh mengaku ikut menyerang aparat saat demo dengan menggunakan batu.

"Saya disuruh duduk, terus disetrum, ada setengah jam lah. Saya disuruh ngaku kalau lempar batu ke petugas, padahal saya tidak melempar," kata Luthfi di dalam persidangan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indonesia, Malaysia, dan Brunei Kutuk Agresi Israel ke Palestina

Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya, Minggu (16/5/2021).

Ini Foto-Foto Pengeboman Gedung Al Jazeera oleh Israel...

Gedung media massa internasional, Al-Jalaa, tempat Associated Press atau AP dan Al Jazeera berkantor di Gaza, Palestina dibombardir Israel.

Lalu Lintas ke Jakarta Sepi, Puncak Arus Balik Lebaran Tak Terlihat

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Istiono, mengatakan arus balik belum tampak karena kendaraan masuk ke Jakarta 21.000, padahal biasanya di atas 60.000.

Sehari, Terjadi 106 Lakalantas seusai Idulfitri

Argo mengatakan selama Operasi Ketupat 2021, pada Sabtu (15/5) sebanyak 11.230 unit kendaraan diberhentikan.

Pakai Pelat Nomor Dinas Polisi Palsu, Pengemudi Ketahuan di Pos Penyekatan

Udiyanto menuturkan pengendara berinisial EK tersebut menggunakan pelat nomor palsu dinas kepolisian untuk menghindari penyekatan mudik.

Kala Wartawan di Palestina Dibombardir Israel

Gedung yang menaungi Associated Press atau AP dan Al Jazeera di Palestina dibombardir Israel sehingga wartawan pun kocar-kacir.

Ridwan Kamil Tuntut Tes Covid-19 di Perbatasan Jabar-Jateng

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan agar tes Covid-19 antigen diterapkan di perbatasan Jabar-Jateng.

Menhub Prediksi Banyak Pemudik Tunda Balik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi para pemudik yang semula diperkirakan mencapai puncak, Minggu (16/5/2021), menunda balik.

Penggunaan Vaksin AstraZeneca CTMAV547 Dihentikan, Ini Alasan Pemerintah

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan penghentian ini dilakukan untuk pengujian toksisitas dan sterilitas oleh BPOM sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin.

Mau Vaksin Mandiri? Ini Harga Vaksin Gotong Royong yang Ditetapkan Pemerintah

Kemenkes menetapkan harga layanan vaksin gotong royong senilai total Rp879.140 per orang. Pengusaha mengaku tak keberatan.

Update Covid-19! Tambah 3.080 Kasus Positif, 3.790 Sembuh

Jawa Barat menjadi provinsi penyumbang tertinggi kasus COvid-19 hari ini diikuti Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

Bermasalah, Pemerintah Akhirnya Setop Sementara Sebagian Vaksin AstraZeneca

BPOM memutuskan menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca khusus untuk Batch CTMAV547 yang dianggap bermasalah.

Hari Ini Ada Lonjakan Pergerakan Masyarakat Kembali ke Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan ada peningkatan pergerakan masyarakat kembali ke Jakarta pada Minggu (16/5/2021) ini.

Buntut Kasus Antigen Bekas, Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika

Kementerian BUMN memecat seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika (KFD) sebagai tindak lanjut atas kasus antigen bekas yang terjadi di Bandara Kualanamu, beberapa waktu lalu.

Penambahan Kasus Baru Covid-19 di Indonesia 2.385, Terendah pada 2021

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus 2.385 orang pada Sabtu (15/5/2021) terendah pada 2021.

10 Berita Terpopuler : Tragedi Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo

Kabar perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali menjadi salah satu berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Wow, Isolasi Warga Singapura dari Taiwan 21 Hari!

Warga negara Singapura dengaan status penduduk tetap yang memiliki riwayat perjalanan ke Taiwan wajib solasi Covid-19 selama 21 hari.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

13,7 Juta Orang di Indonesia Sudah Mendapat Vaksinasi Covid-19

Sebanyak 13,7 juta orang yang terdiri atas petugas bidang kesehatan, petugas sektor pelayanan publik, dan warga lanjut usia sudah mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19.

Menko Airlangga: Pemudik yang Balik ke Jakarta akan Dilakukan Tes Covid-19 di 21 Titik

Langkah konkret pemerintah untuk menekan kasus adalah dengan melakukan tes Covid-19 untuk para pemudik yang balik ke Jakarta.

Penyekatan Terpadu untuk Cegah Fenomena Perpindahan Kasus Aktif Covid-19

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengharapkan upaya pemerintah melakukan penyekatan di berbagai wilayah dapat mencegah terjadinya fenomena bola pingpong.

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

34 Anak Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Sejak Senin

Sebanyak 34 anak, yang termuda berusia 5 bulan, tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza sejak Senin.

Kini Sudah Rapuh, Pulau Jawa Dulu Disebut Bagian Atlantis yang Tenggelam

Pakar Javanologi Ir Tukimin Wisanggeni mengatakan kondisi Pulau Jawa yang kini sudah rapuh dan renta merupakan bekas bagian Benua Atlantis.

Lagi, Serangan Bom Israel Bantai Satu Keluarga Palestina

Serangan bom Israel kembali menewaskan satu keluarga Palestina yang terdiri atas tujuh orang termasuk lima anak pada Sabtu (15/5/2021) pagi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Pertanyaan TWK KPK: Pacaran Ngapain Aja?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai disorot karena ada pertanyaan yang dianggap aneh.

Menko Airlangga Hartarto: Masyarakat yang Tidak Mudik Adalah Pahlawan

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Mentero Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengapresiasi masyarakat yang menaati imbauan pemerintah agar tidak mudik pada Lebaran tahun ini.

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)

Pulau Jawa Rapuh, Banyak Rongga & Rekahan di Bawah Tanah

Kondisi fisik alam Pulau Jawa disebut telah rapuh dan tua yang mana banyak retakan dan rongga di bawahnya.

Aglomerasi Soloraya Harus Awasi Penumpukan Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para kepala daerah di wilayah aglomerasi memetakan daerahnya.

Israel Sudah Tewaskan 28 Anak

Israel membunuh setidaknya 28 anak sejak bentrokan antara pasukan keamanan Israel dengan warga Palestina meningkat sejak Senin lalu.

Covid India Tembus 24 Juta Kasus, Varian Virus Cepat Menyebar

Jumlah infeksi Covid-19 di India naik melampaui 24 juta kasus pada Jumat (14/5/2021).

Menkeu Lepas Kangen Via Zoom hingga Pukul 23.30 WIB

Menkeu Sri Mulyani Indrawati menceritakan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama keluarganya selama mengisi libur Lebaran 1442 Hijriah.

Warganet Indonesia Gaungkan INA Stands With Palestine di Twitter

Sebagian besar masyarakat Indonesia mendukung langkah pemerintah membela perjuangan rakyat Palestina.

Arus Balik Lebaran Jadi Tantangan Terbesar

Pada hari ke-11 masa peniadaan mudik kemungkinan akan terjadi peningkatan arus pergerakan masyarakat. 

OKI Gelar Sidang Darurat Bahas Serangan Israel

OKI akan menggelar sidang darurat tingkat menteri atas permintaan Arab Saudi untuk membahas perkembangan di Palestina

Rawan Serangan Roket di Gaza, Penerbangan Internasional ke Israel Disetop

Sejumlah maskapai penerbangan internasional seperti British Airways, Virgin Atlantic, Lufthansa, dan Iberia membatalkan penerbangan ke Tel Aviv, Israel.

Serangan Udara Israel Berlanjut di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel terus menggempur berbagai lokasi di Jalur Gaza, Palestina, pada Kamis (13/5/2021).

KorbanTewas Akibat Serangan Israel di Gaza Meningkat Jadi 83

Korban tewas akibat serangan Israel secara total menjadi 83 orang.

Rumah Sakit Indonesia Remuk Dihantam Rudal Israel

Rumah sakit Indonesia di Jalur Gaza mengalami kerusakan akibat dihantam rudal pasukan Israel, Selasa (11/5/2021) malam waktu setempat.

2 Anggota KKB di Illaga Papua Tewas Saat Baku Tembak dengan Koppasus

Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas akibat baku tembak dengan TNI di Illaga, Papua, Kamis (13/5/2021).

Begini Suasana Salat Id di Masjid Al-Aqsa di Tengah Serbuan Israel

Ribuan umat muslim Palestina Kamis (13/5/2021) pagi waktu setempat, menggelar salat Id berjamaah di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Puluhan Pasien Covid-19 Ikuti Salat Idul Fitri di RSLI

Puluhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mengikuti Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya.

Salat Id di Ilaga Papua Dijaga Aparat Bersenjata Lengkap

Masyarakat di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, melaksanakan salat Id di Masjid Al Ikhlas dengan penjagaan aparat TNI-Polri bersenjata lengkap.

Lebaran di Bogor, Presiden Jokowi Berharap Pandemi Segera Berakhir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak mudik ke Solo, Jawa Tengah, pada Lebaran tahun ini.

Pejabat dan Masyarakat Diminta Tak Adakan Open House

Satgas Covid-19 memberi imbauan agar pejabat dan masyarakat tidak menggelar open house selama libur Idul Fitri.

Sayangi Keluarga, Jangan Mudik Dulu Ya... Masih Pandemi

Masyarakat diimbau tidak mudik pada momen Lebaran 2021 karena kondisi pandemi Covid-19.

Derita Bupati Nganjuk: Dimusuhi Publik Tanah Air, Tidak Diakui Partai Pengusung

Baik PKB maupun PDIP menyatakan Novi bukan kader partai mereka. Hanya Partai Hanura yang terang-terangan bersimpati kepada Novi.

Balada Pegawai KPK: Berani Jujur, Dinonaktifkan

"Setelah mengobrak-abrik KPK dengan berbagai kebijakan kontroversi, akhirnya misi utama pimpinan KPK berhasil."

Pemudik Nekat Palsukan Surat Demi SIKM Keluar Jakarta

Dari hampir 4.000 pengajuan surat izin keluar masuk (SIKM) yang diterima oleh Pemprov DKI, hanya sepertiganya yang diterbitkan.

Mobilitas Warga Meningkat: Mal Ramai, Stasiun Sepi

Menjelang libur Idulfitri 2021, mobilitas warga di sejumlah daerah meningkat tajam. Peningkatan mobilitas ini harus bersamaan pengetatan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Inilah Gadis Palestina yang Tersenyum Saat Ditangkap Tentara Israel

Video yang menunjukkan seorang perempuan muda Palestina tersenyum resah setelah dipukuli dan diborgol Tentara Israel viral di media sosial.

Rombongan Kapolres Maybrat Papua Barat Ditembaki OTK

Kepolisian masih menyelidiki penembakan terhadap kendaraan rombongan Kapolres Maybrat, Papua Barat, Kompol Bernadus Okoka pada Senin (10/5/2021).

Jamaah Naqshabandiyah Padang Rayakan Idul Fitri Hari Ini

100 Pengikut Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Pauh, Padang, Sumatra Barat merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah Rabu pagi.

Pria Ini Nekat Hina Al-Qur'an Lewat Tiktok Gegara Kesal Ditinggal Istri

Seorang pria yang berdomisili di Pekanbaru, Riau, ditangkap polisi akibat menghina Al-Qur'an gegara kesal ditinggal istrinya.

Dosen FEB UNS Menang Research Grant Bank Indonesia, Singkirkan 1.334 Peneliti Internasional

Dosen FEB UNS Solo Tastaftiyan Risfandy memenangkan Research Grant Bank Indonesia (RGBI) 2021 mengalahkan 1.334 peneliti internasional.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Waduh, Ada Puluhan Mayat Diduga Terjangkit Corona di Sungai India

Ada sekitar 40 mayat diduga terjangkit corona ditemukan terdampar di tepi Sungai Gangga di distrik Buxar, India.

Bravo! Polres Jakarta Pusat Ungkap 310 Kg Sabu Asal Iran

Sabu tersebut berasal dari Iran, namun jaringannya dikendalikan oleh Warga Negara Nigeria.

Tim Hisab Rukyat Tak Berhasil Lihat Hilal di Papua

Ketinggian hilal minus lima derajat sehingga tidak terlihat akibat tertutup awan.

300 Ulama Meninggal akibat Terpapar Covid-19

Ada lima kabupaten yang melaporkan munculnya klaster tarawih yakni Brebes, Sukoharjo, Sragen, Pati, dan Purbalingga.

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Zona Merah dan Oranye Dilarang Gelar Salat Id Berjemaah, Ini 12 Daerah Zona Merah di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan setiap kegiatan ibadah seperti salat tarawih, salat id, zakat, khutbah, dan iktikaf dilarang digelar di zona merah dan zona oranye.

Profil Go Tik Swan, Pelopor Batik Asal Solo Jadi Google Doodle

Presiden Soekarno pernah meminta GTS menciptakan Batik Indonesia. GTS langsung kembali ke Solo dan semakin menekuni dunia batik.

Wow, Pelopor Batik Asal Solo Go Tik Swan Hari Ini Nampang di Google

Pada 1950-an, Swan memenuhi permintaan presiden dengan memadukan teknik batik daerah untuk memperkenalkan Batik Indonesia.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

OTT Bupati Nganjuk, Diehard Orang Terbaik KPK

"Udah masuk list 75, tapi masih OTT smiling face with smiling eyes."

Kapan Lebaran 2021? Ini Link Streaming Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri yang Digelar Hari Ini

Kira-kira kapan Lebaran 2021? Simak penentuan Hari Raya Idul Fitri oleh Kementerian Agama dalam sidang isbat yang digelar hari ini.

Cabuli 35 Bocah Laki-Laki, Perdator Seks Ini Akhirnya Ditangkap Saat Bersembunyi

Seorang pria ditangkap Polres Prabumulih lantaran mencabuli 35 bocah laki-laki di bawah umur.

WHO dan BPOM Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Sinopharm

Badan Kesehatan Dunia atau WHO dan juga Badan POM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Sinopharm. Berapa efikasinya?

KPK Tarik Diri dari Proses Hukum OTT Bupati Nganjuk, Kenapa?

KPK menyerahkan kelanjutan proses hukum OTT Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat, kepada Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

10 Berita Terpopuler : Gibran Debat dengan Dosen - Profil Bupati Nganjuk

Ulasan tentang Gibran yang debat dengan dosen di pos penyekatan hingga profil Bupati Nganjuk masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Negara Peka, Baru Dipercaya

Koran Solopos Hari Ini edisi Selasa (11/5/2021) mengulas tentang negara peka, baru dipercaya terkait larangan mudik dan berbagai pembatasan.

Duta Besar India Apresiasi Bantuan Tabung Oksigen dari Indonesia

Melalui kerja sama Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) sebagai produsen utama gas oksigen di Indonesia berinisiatif untuk membantu India dengan menyalurkan bantuan tabung oksigen.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

RS Tabrani Sempat Pakaikan Ventilator ke Ustaz Tengku Zulkarnain

Ustaz Tengku Zulkarnain diklaim dalam kondisi stabil sebelum divonis Covid-19, namun RS Tabrani mengklaim sempat memakaikan ventilator.

Sering Dicerca, Mahfud Doakan Dosa Tengku Zulkarnain Diampuni

Mahfud mengaku sudah rindu dengan Tengku Zulkarnain. Dia berdoa agar Allah SWT mengampuni seluruh dosa Tengku Zulkarnain.

KPK Terima Informasi Suap Maret 2021, Begini Kronologi OTT Bupati Nganjuk

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar, mengatakan KPK menerima laporan dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait pengisian jabatan pada pangkat desa dan camat pada lingkungan pemerintah kabupaten Nganjuk di Jatim.