Selain Menabung, Ini Cara Simpel Mengajarkan Anak Hemat Sejak Dini
Ilustrasi anak menabung (Freepik).

Solopos.com, SOLO -- Tak serumit yang dibayangkan, ternyata begini loh cara mengajarkan anak supaya hemat sejak dini.

Bersumber dari situs resmi Kemendikbud, sebagai orang tua tak perlu risau lagi untuk mengajarkan anak hemat sejak dini. Di mana kuncinya terletak pada kebiasaan.

Takut Tertipu Belanja Online? Cek di Sini Nomor Rekening Si Penipu!

Berikut ini lima cara mengajarkan buah hati supaya hemat.

1. Memberi Pehamaman Soal Ekonomi

Meski anak belum paham mengenai prinsip yang ada di ilmu ekonomi, sebagai orang tua bisa mengajarkan sistem ekonomi dasar. Misalnya, mengajak anak untuk berbelanja ke pasar maupun swalayan.

Di lokasi tersebut sang anak diharapkan mampu mengerti pentingnya uang. Dalam proses berbelanja itu, jelaskan kepada anak untuk membeli barang sesuai dengan kebutuhannya saja.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Nomor 8 Bisa Enggak?

Selain itu, tanamkan nilai bahwa tidak semua yang diinginkan bisa dibeli. Dengan begitu, diharapkan anak bisa lebih hemat dalam mengatur uang pada saatnya nanti.

2. Menabung

Cara kedua untuk mengajarkan anak hemat sejak dini adalah menabung. Setiap kali orang tua memberikan uang jajan, ajari anak untuk menyisihkan uangnya di celengan.

Untuk mempermudah, sebagai orang tua harus memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak agar mereka mengikuti apa yang orang tua lakukan.

Pengen Bisa Menyetir Mobil? Stop Belajar Sama Suami!

Hal ini dikarenakan anak adalah peniru ulung apapun yang orang tuanya lakukan. Nah, untuk membangkitkan semangat anak untuk menabung, buatlah celengan dengan karakter yang disukai anak.

Saat menabung, jangan lupa untuk mengucapkan kalimat ini kepada anak, "Kalau kamu sedikit demi sedikit menyimpang uang di celengan, lama-lama uangnya akan semakin banyak. Dan bisa untuk membeli apa yang kamu mau."

Jarang Disadari, 6 Tanda Ini Jadi Gejala Diabetes pada Anak

3. Bersyukur

Selain dua cara di atas, jangan lupa untuk mengajari anak untuk bersyukur. Dengan bersyukur, anak akan menghargai apa yang telah dimiliki. Dan harapannya, anak akan tidak banyak meminta kepada orang tua.

Rasa bersyukur itu bisa diungkapkan dengan berdoa kepada Tuhan, merawat barang-barang yang dimiliki dan bersedekah kepada yang tak mampu.

Dampak Negatif Sering Membentak Anak, Nomor 3 Bahaya Banget

4. Jauhkan Sikap Manja

Tak hanya bersyukur, mengajarkan anak untuk hemat sejak dini adalah tidak memanjakan buah hati. Misalnya, jika sang anak ingin mainan baru, sebagai orang tua tidak harus mewujudkan keinginannya tersebut.

Perlu diketahui, sikap manja yang berlebihan akan membuat anak bersikap boros di kemudian hari.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami Tanpa Rasa Sakit

5. Ajarkan Melalui Aktivitas Sehari-hari

Selain menabung, cara terakhir untuk mengajarkan anak untuk hemat sejak dini adalah melalui aktivitas sehari-hari. Misalnya, tak berlebihan dalam penggunaan listrik maupun air.

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Tips Parenting Lainnya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom