Meneruskan Usaha Orang Tua, Kini Acasha Nursery Merambah Luar Jawa

Ada cerita kegigihan meneruskan usaha tanaman hias dan buah, Acasha Nursery yang dirintis orang tua hingga bisa berjualan hingga luar Jawa.

 Usaha tanaman hias dan buah Acasha Nursery mengantar Amorizza Wury Hartanti menjadi sarjana. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Usaha tanaman hias dan buah Acasha Nursery mengantar Amorizza Wury Hartanti menjadi sarjana. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Acasha Nursery nama usaha budidaya tanaman hias dan buah yang digeluti keluarga Amorizza Wury Hartanti dan adiknya Tiara Karunia Kristy kini telah berkembang pesat. Bahkan pembelinya pun ada yang berada di luar Pulau Jawa.

Namun, untuk bisa mendapatkan itu semua tak semudah membalikan telapak tangan. Ada kegigihan dibalik usaha Amorizza dan saudaranya mengembangkan usaha yang dirintis bapaknya tersebut. Apalagi usaha itu digeluti di rumah bukan di kios tersendiri.

Cerita usaha keluarga, Acasha Nursery tersebut pun mengalir dari Tiara yang kini masih duduk di STIKES Nasional. Usaha tersebut awalnya dirintis, Yohanes Mulyadi yang tak lain bapak dari Tiara pada 1980 an. Saat mengawali usaha bapak Tiara yang sudah meninggal, hanya fokus pada tanaman hias bonsai.

Baca juga: Selamat! Inilah 50 UMKM yang Lolos Seleksi Peserta UMKM Virtual Expo 2021

Sebagai guru SD, Yohanes Mulyadi menjadikan usahanya sebagai tambahan sekaligus hobi yang digeluti di rumahnya . Kemudian kian berkembang ketika Yohanes memasuki masa pensiun pada 2010. Tak hanya tanaman hias bonsai yang ada di Acasha Nursery, namun juga tanaman buah termasuk bibit dan media tanam.

Usaha tersebut mengalami pasang surut, karena tergantung tanaman apa yang booming di masyarakat. Namun Yohanes Mulyadi tetap dengan tekun menggeluti usahanya itu. Hingga akhirnya pada 2018 dia mengalami stroke dan akhirnya meninggal pada 2020.

“Terus terang ini duka bagi kami, karena dari usaha bapak kami bisa sekolah dan memenuhi kebutuhan dibantu kakak-kakak kami. Kondisi ini pun membuat mbak Amorizza, saya, dan ibu bertekad meneruskan Acasha Nursery,” jelas Tiara.

Baca juga: Kabar Baik Bagi Pelaku Usaha, Pemerintah Perpanjang Insentif Pajak

Acasha Nursery Sukoharjo
Tiara Karunia Kristy menunjukan koleksi tanaman hias yang ada di Acasha Nursery. (Istimewa)

Acasha Nursery Merambah Marketplace

Beruntung selama ini Tiara dan saudaranya sering diajak berkebun bareng dengan bapak. Sehingga ada pengetahuan yang didapat soal tanaman hias dan buah. Kendati tak sebanyak yang dimiliki orang tuanya.

Namun, perjuangan mereka kemudian mendatangkan hasil, berkat ketekunan dan keinginan kuat untuk melanjutkan usaha. Tak hanya itu, berkas usaha tanaman hias dan buah, Amorizza dan Tiara pun bisa kuliah.

“Saya sudah lulus dan baru diwisuda Sabtu 17 Juli 2021. Kalau adik, Tiara masih kuliah di STIKES Nasional,” tutur Amorizza.

Kini Acasha Nursery sudah merambah dunia online, tidak hanya di Facebook dan Instagram, namun sudah jualan di marketplace.

“Sangat bersyukur, karena pembeli tak hanya dari Soloraya, namun ada yang dari Sumatera dan Bali. Ini juga memberikan kami pelajaran bagaimana mengurus karantina untuk pengiriman tanaman,” ujar Tiara kepada Solopos.com.

Baca juga: Pukis Pasar Gede, Camilan Tradisional Solo ini Favorit Katon Bagaskara Hlo

Keinginan untuk terus memajukan usaha menjadikan Amorizza peserta UMKM Virtual Expo 2021 yang digelar Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Solo dengan Solopos Media Group. Pelatihan ini diikuti puluhan peserta dan digelar secara bertahap, April – Juni 2021.

“Dapat ilmu baru tentang berjualan online yang sangat membantu usaha Acasha Nursery. Apalagi saat ini PPKM sehingga meminimalkan tatap muka antara penjual dan pembeli. Termasuk pengetahuan pembayaran non tunai,” terang Amorizza didampingi Tiara.

Karena di UMKM Virtual Expo 2021 banyak pengetahuan yang didapatkan dan berhubungan langsung dengan pelaku usaha yang tengah menjalani bisnis online. Termasuk juga, lanjutnya, ada pembelajaran memotret objek yang akan dijual online.

“Ternyata ada tekniknya agar foto yang dihasilkan lebih menarik. Sangat membantu dalam pemasaran usaha tanaman hias dan buah, Acasha Nursery,” ujar dia.

Kini usaha yang digeluti di rumah yang terletak di Dusun Pusposari RT 003, RW 006, Desa Wironanggan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo semakin berkembang. “Bisa berkunjung langsung, atau menengok akun Instagram: acashanursery2,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Sempat Protes Pakan Ternak Mahal, Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirimkan bantuan jagung untuk Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang aksinya sempat viral.

E-Meterai untuk Kalangan Terbatas, Siap Dikembangkan untuk Masyarakat Luas

Peruri dan PT Telkom meluncurkan meterai elektronik atau e-meterai yang akan digunakan di lingkungan perusahaan pelat merah.

Pertashop Perdana di Kota Jogja Mulai Beroperasi, Ini Targetnya

Pertamina mulai mengoperasikan Pertashop perdana di Kota Jogja. Pertashop membantu menghadirkan energi berkualitas, lebih dekat ke masyarakat.

Stok Jagung Surplus 2,37 Juta Ton Tapi Harga Pakan Ternak Tetap Meroket, Kok Bisa?

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi memastikan stok jagung lokal mengalami surplus mencapai 2,37 ton hingga pekan kedua September 2021.

Jangan Kalap Belanja, Simak Tips Aman Menggunakan Paylater

Dengan paylater, konsumen dapat dengan mudah membeli sebuah barang yang diinginkan, bahkan tanpa mengeluarkan uang muka atau down payment.

Inovatif, Bank Sampah Salingsih Jogja Mengubah Minyak Jelantah Jadi Sabun

Bank sampah Salingsih Kelurahan Bener, Tegalrejo, Jogja, DIY mengubah bekas minyak goreng atau yang biasa disebut minyak jelantah (mijel) untuk diolah menjadi sabun.

BPPD Kota Solo Jalin Kerja Sama dengan PRSSNI Cabang Surakarta

BPPD Kota Solo melakukan penandatangan MOU dan perjanjian kerja sama dengan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI) Cabang Surakarta.

4 Pimpinan Korporasi Keren Siap Hadir di Solopos Talkshow Virtual

Empat pimpinan korporasi siap hadir dan berbagi informasi penting tentang kinerja sektor dalam Spesial Program Solopos Talkshow Virtual.

Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel Jadi Trending Topic, Ini Tanggapan Telkom

Para pengguna Indihome dan Telkomsel mengeluh terkait gangguan dari kedua layanan perusahaan telekomunikasi tersebut di media sosial terutama Twitter.

Modus-Modus Baru Bermunculan, 954 Domain Situs Investasi Bodong Diblokir

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan memblokir 954 domain situs web entitas di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).

Hyundai Kampanyekan Inovasi Industri Otomotif Masa Depan

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan brand campaign atau kampanye brand bertajuk Driving Meaningful Innovation.

Awal Pekan, Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 20 September 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian, Senin (20/9/2021) terpantau stagnan dibandingkan dengan harga kemarin, baik cetakan UBS maupun Antam.

Dorong Pengembangan UMKM, Ini Jurus Bank Mandiri dan Pemkot Solo

Bank Mandiri digandeng Pemerintah Kota Solo dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terkait pemanfaatan layanan perbankan.

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Mudah Kok, Ini 6 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Tidak hanya untuk iseng atau bersenang-senang, aplikasi populer Tiktok dengan durasi video pendek ini juga bisa menghasilkan uang secara online.