Menegpan: Pengawasan belum penuhi harapan masyarakat

JAKARTA: Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN) Taufiq Effendi mengatakan, pengawasan yang dilaksanakan selama ini belum memenuhi harapan masyarakat, sehingga perlu ditingkatkan lagi dengan bekerja keras.

Pada acara pembukaan rapat koordinasi pengelola kotak POS pengaduan masyarakat di Jakarta, Selasa (5/5), Taufiq Effendi mengatakan, kerja keras diharapkan dapat mencegah berbagai tindak penyimpangan, penyalagunaan wewenang, dan berbagai pemborosan.

Sehubungan itu masing-masing instasi harus merumuskan peransertanya supaya pelayanan selama ini semakin berperan lagi, kata menteri itu.

Menurut dia, jangan utamakan wewenang tetapi harus mendahulukan peran serta dalam istansi tesebut sehingga pelayanan pada masyarakat akan semakin maksimal.

Menurut dia, peran lembaga sangat penting terutama dalam memenuhi kepentingan masyarakat sehingga pelayanan yang diharapkan masyarakat lebih berfungsi secara maksimal lagi.

Dia mengatakan, hal ini karena upaya untuk memberantas korupsi serta berbagai bentuk penyimpangan yang merugikan negara dan masyarakat bukan masalah sederhana.

Oleh karena itu perlu adanya komitmen semua pihak dalam upaya melayani masyarakat baik langsung di pusat maupun daerah, kata dia.

Dia mengatakan, semangat reformasi yang sedang melanda negara sekarang ini memberikan nilai yang positif bagi penyelenggara pemerintah.

"Kita semua dituntut untuk transparan dalam menetapkan kebijakan dan pelaksanaan," katanya.

Demikian pula dalam pelaksanaan pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan, seluruh jajaran harus berprilaku sesuai dengan aturan perundang-undangan, norma kewajaran, agama dan perkiprah secara positif untuk kepentingan masyarakat, ujarnya.

Dia mengatakan, kontrol sosial dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan diharapkan dapat memacu aparatur bekerja lebih baik.

Oleh karena itu Tromol Pos 5000 yang dikelola Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara serta di instansi pemerintahan lainnya perlu lebih diintensifkan lagi, tambahnya. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom