SOLOPOS.COM - Pemilik Jo Abadi Farm, Arif Hidayanto, 26, menunjukkan Azolla Microphylla di rumahnya, Brogo, Ngemplak, Boyolali. (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Ruang kosong pekarangan rumah kini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan rupiah dengan menanam Azolla Microphylla. Tanaman mungil ini mudah dibudidayakan dan waktu panen yang relatif singkat.

Salah satu pembudidaya, Arif Hidayanto, 26, mengatakan Azolla biasa ditanam dengan memanfaatkan ruang kosong antara meja hidroponik dengan tanah. Luas lahannya mengikuti luas meja hidroponik.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Pemilik Jo Abadi Farm itu menjelaskan Azolla Microphylla terbilang mudah. Arif menyiapkan sebuah kolam dari bahan terpal dengan kedalaman tak lebih dari 30 sentimeter. Kolam itu lantas diisi air dan diberi nutrisi.

Tambah 1, Total 4 Warga Sukoharjo Meninggal Akibat DBD

Ekspedisi Mudik 2024

“Nutrisinya paling mudah adalah menggunakan pupuk kompos. Tinggal letakkan di dalam kolam, tanaman akan tumbuh dengan sendirinya,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di rumahnya Brogo, Ngemplak, Boyolali, beberapa waktu yang lalu.

Benih Azolla Microphylla awalnya ia beli dari seorang teman. Benih itu diletakkan di dalam kolam. Dalam sehari, tanaman ini bisa tumbuh hingga sepertiganya. Arif biasa memanen tanaman ini setelah 15 hari.

“Dalam beberapa hari kolam ini akan penuh. Tapi ditunggu hingga 15 hari supaya mendapatkan bobot yang memadai untuk dipanen,” imbuh Arif.

Meski berbadan mungil, Azolla memiliki harga tinggi yakni Rp50.000 per kilogram. Tanaman ini biasa digunakan untuk pakan ternak lantaran mengandung kaya nutrisi.

SBBI 2020 Menjadi Sarana untuk Introspeksi Diri

Kaya Nutrisi

“Lumayan buat memanfaatkan ruang kosong. Di atas hidroponik, di bawahnya Azolla. Kendati mudah perawatannya, Azolla merupakan tanaman yang butuh sinar matahari,” beber dia.

Dikutip dari Aquaculture-mai.org, Azolla Microphylla memiliki sejumlah manfaat sebagai pakan utama budidaya ikan, yakni tanaman ini mengandung vitami A, B12, beta karoten, dan aneka mineral serta protenin tinggi.

Selain itu, pemberian pakan Azolla secara rutin bisa menekan biaya pakan pelet hingga 50 persen. “Pakan Azolla mampu meningkatkan pertumbuhan ikan dengan pesat,” tulis redaksi Aquaculture-mai.org.

Tak hanya itu, budidaya Azolla tidak harus menggunakan kolam tanah, tetapi bisa menggunakan bak bekas, sauran air, parit dan lainnya. Terakhir, tanaman ini bisa menegah munculnya jentik-jentik nyamuk.

So Sweet! Dian Ekawati Temani Didi Kempot Rilis Stasiun Balapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya