SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Medan–
Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menegaskan, hasil ujian nasional (UN) bukan satu-satunya penentu kelulusan bagi siswa SMP/SMA/SMK sederajat pada 2010.

“Bukan seperti pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya, kalau tahun sebelumnya kelulusan siswa mutlak ditentukan oleh hasil UN, tapi kelulusan siswa pada 2010 ditentukan oleh empat kriteria yang harus dipenuhi secara keseluruhan,” katanya di Medan, Selasa (12/1).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbicara pada rapat koordinasi Disdik Sumut dengan Disdik kabupaten/kota se-Sumatera Utara, ia mengatakan, syarat-syarat kelulusan tersebut yakni siswa harus menyelesaikan seluruh program pendidikan di sekolah.

Kemudian harus memenuhi kriteria persyaratan akhlak seperti budi pekerti yang baik dan memiliki tata krama yang baik pula. Artinya, kalau ada siswa yang lulus UN tapi memiliki tabiat buruk yang di luar batas kewajaran maka dia tetap tidak akan lulus.

Berikutnya adalah lulus mata pelajaran yang diujikan oleh pihak sekolah serta yang keempat adalah lulus UN.

Kesimpulannya, meskipun dalam UN siswa dapat nilai lebih tinggi dari yang disyaratkan, namun tidak memiliki akhlak yang baik maka dia tetap tidak lulus.

“Begitu juga kalau dalam UN siswa lulus tapi ternyata dalam ujian sekolahnya tidak lulus maka siswa tetap tidak lulus. Jadi artinya semua kriteria itu harus dipenuhi,” katanya.

Dalam UN 2010 mata pelajaran yang diujikan untuk siswa SMA/MA untuk program IPA adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sementara untuk siswa SMA/MA program IPS, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosialologi dan Geografi.

Untuk Siswa SMA/MA Program Bahasa, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, bahasa asing lain yang dipelajari, sejarah Budaya/Antropologi dan Sastra Indonesia.

Mata pelajaran siswa SMK adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, teori kejuruan serta ditambah ujian kompetensi (keterampilan). Sementara mata pelajaran yang diujikan untuk siswa SMA luar biasa yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya