SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MAGELANG — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sabtu (20/10/2018) malam lalu, tampil dalam Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo 2018 di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ia mengingatkan perlunya perimbangan pencapaian mutu pendidikan dan pemerataan antarlembaga pendidikan.

“Kualitas jangan hanya ada di satu sekolah, tetapi perlu pemerataan pencapaian kualitas sehingga ke depan tidak terjadi kesenjangan kualitas di antara lembaga pendidikan yang ada di Indonesia,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy sebagaimana dikutip keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Antara di Kota Magelang, Minggu (21/10/2018) sore.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Dijelaskannya bahwa penyelenggaraan pendidikan yang baik dan berkualitas di suatu negara sebagai aspek penting dan strategis karena menentukan masa depan kehidupan negara itu. Keberadaan lembaga pendidikan yang berkualitas, ujar dia dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, menjadi instrumen penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.

Ia mengemukakan pentingnya inovasi dan kreativitas para penyelenggara pendidikan untuk merespons setiap kebutuhan dan kemajuan zaman. Pada masa mendatang, ujar dia, tidak ada lagi penyebutan identitas terkait dengan sekolah favorit dan tidak favorit. “Semua menjadi lembaga pendidikan yang favorit sesuai dengan potensi dan ciri khas masing-masing,” katanya.

Ia juga mengemukakan perlunya kerja sama, kolaborasi, dan sinergi antara sekolah-sekolah sehingga kualitas penyelenggaraan pendidikan bisa diwujudkan secara merata. Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan tentang lima hal penting yang perlu ditanamkan kepada peserta didik di setiap lembaga pendidikan, yakni berpikir kritis, kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan, kreativitas, membangun kerja sama, dan membangun kepercayaan diri.

Terkait penyelenggaraan kegiatan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo 2018 itu, Menteri Muhadjir Effendy memberikan apresiasi positif. “Dengan ditampilkannya keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing cabang maupun ranting seperti dalam bidang pendidikan maupun ekonomi maka diharapkan akan diketahui terkait potensi-potensi yang ada. Potensi yang dimiliki merupakan modal penting dalam melakukan kerja sama dan sinergi untuk mencapai kemajuan bersama,” katanya.

Hadir pada acara tersebut, antara lain Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi, Bendahara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Marpuji Ali, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Tafsir, Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting PP Muhammadiyah Ahmad Norma Permata, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Haryono, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Eko Muh. Widodo.  

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya