SOLOPOS.COM - Mantan pegawai Humas UNS Solo, Sunardiono alias Londo Ireng. (Istimewa/Humas UNS Solo)

Solopos.com, SOLO – Mantan pegawai Humas UNS Solo, Sunardiono, yang meninggal dunia, Kamis (19/3/2020) adalah sahabat para wartawan. Pria yang akrab disapa Londo Ireng itu meninggal dalam usia 72 tahun karena sakit.

Dia sempat dirawat di RS UNS, Kartasura, Sukoharjo sebelum mengembuskan napas teakhir. Jenazahnya dimakamkan, Jumat (20/3/2020), di Pemakaman Grenjeng, Widorejo, Makamhaji.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama bertugas di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Londo Ireng dikenal sebagai pribadi yang supel. Dia juga sangat akrab dengan wartawan dan kerap mentraktir mereka.

64 Warga Diduga Kontak Pasien Positif Corona Wonogiri yang Meninggal 

Ekspedisi Mudik 2024

“Dia orangnya sangat humanis, supel, dekat dengan wartawan, dan suka melayani. Dan kalau dia punya uang, dia tidak segan-segan mengundang wartawan makan bersama di rumahnya. Pak Londo senang kalau melihat orang lain senang,” kenang Bahtiar saat ditemui Solopos.com usai mengikuti pemakaman Londo Ireng.

Bahtiar adalah mantan pegawai humas UNS Solo yang kini telah pensiun. Di mata Bahtiar, Londo Ireng yang pensiun pada 2005 lalu adalah orang yang sangat bertanggung jawab dalam setiap tugas.

Bukti komitmen Sunardiono menjalankan tugas dengan baik saat membuat siaran pers. Dia mengetik pers rilisnya dan diantarkan sendiri ke kantor media massa di Kota Solo.

Keluarga Almarhumah Pasien Positif Corona Wonogiri Dikarantina Mandiri 

“Dia tidak peduli seberapa penting materinya dan seberapa bagus tulisannya, Londo mengetik sendiri pers rilisnya dengan mesin ketik manual jadul lalu mengantarkannya sendiri ke kantor-kantor perwakilan media di Solo. Dia memang luar biasa,” puji Bahtiar.

Belajar Autodidak

Meski tidak memiliki latar belakang kehumasan, Londo Ireng mampu melaksanakan tugas dengan baik. Dia berhasil menjalin hubungan baik dan menjadi jembatan UNS Solo dengan semua pihak, khususnya awak media.

“Jadi dia itu humas yang belajar otodidak, tetapi sangat mumpuni dan berkomitmen dalam menjalankan tugas,” imbuh Bahtiar.

Balita Jogja Positif Corona Dinyatakan Sembuh

Salah satu anggota staf Humas UNS Solo, Haryono, juga memuji kinerja Londo Ireng. Baginya, Londo Ireng adalah motivator yang baik.

“Dia selalu memberikan motivasi dan tidak segan-segan berbagi pengalaman tentang kehumasan kepada saya,’ ujarnya.

Salah satu pesan Londo yang ia jaga sampai saat ini adalah menjaga barang inventaris humas UNS Solo. “Dia bilang, semua barang inventaris seperti alat perekam, kamera dan sebagainya harus dijaga seperti istri sendiri,” kenangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya