Tutup Iklan

Mendahului kakak menikah, GKR Bendara laksanakan tradisi plangkahan

Mendahului kakak menikah, GKR Bendara laksanakan tradisi plangkahan

SOLOPOS.COM - MENUJU PINGITAN -- Putri bungsu Sri Sultan Hamegku Buwono X, GKR Bendara (depan tengah) digandeng BRAy Suryadiningrat dan BRAy Suryamentaram berjalan menuju Bangsal Sekar Kedaton seusai digelar prosesi Plangkahan dan Ngabekten di Kraton Kilen, Kompleks Keraton Ngyogyakarta, Jogja, Minggu (16/10). GKR Bendara baru akan dipertemukan dengan calon suaminya, KPH Yudanegara pada upacara Panggih pada Selasa (18/10) mendatang. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Jogja (Solopos.com) - Rangkaian upacara pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, Minggu (16/10/2011) antara lain diwarnai dengan pelaksanaan upacara plangkahan dan ngabekten yang dilaksanakan oleh calon mempelai perempuan, GKR Bendara.

PLANGKAHAN -- GKR Bendara (kiri) menyalami kakaknya, GRAj Nur Abrajuwita, saat upacara plangkahan dengan disaksikan Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas, Minggu (16/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Antara)
Upacara plangkahan yang dijalani GKR Bendara adalah upacara keraton sebagai bentuk penghormatan karena pengantin putri menikah mendahului kakaknya, GRAj Nur Abrajuwita. Dalam rangkaian upacara di Dalem Ageng Keraton Kilen, Kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sultan memerintahkan pengantin putri untuk melaksanakan plangkahan dilanjutkan ngabekten sebagai wujud permohonan doa restu memulai prosesi pernikahan. Dalam upacara plangkahan tersebut diserahkan beberapa bentuk perhiasan, tas, sepatu, dan dompet. Pada prosesi itu juga diserahkan setandan pisang sanggan sebagai syarat plangkahan.

Setelah penyerahan plangkahan, GKR Bendara yang mengenakan kebaya warna abu-abu, kemudian melakukan upacara ngabekten dengan sungkem kepada kedua orangtuanya yaitu Sultan dan GKR Hemas. Selanjutnya, kakak sulung pengantin putri yaitu GKR Pembayun memerintahkan utusan dalem BRAy Suryadiningrat dan BRAy Suryamentaram menjemput pengantin putri dari Keraton Kilen untuk dibawa menuju Keputren. Setelah memasuki kompleks Keputren, GKR Bendara bersama dengan GKR Hemas dan sesepuh keraton lainnya melakukan transit di Bangsal Sekarkedhaton.

Perias pengantin Tienuk Rifki mengatakan, di Keputren pengantin putri akan menjalani prosesi sengker atau pingitan. "Selama masa pingitan itu pengantin tidak boleh keluar dari Keputren dan mempersiapkan diri untuk prosesi siraman pada Senin (17/10/2011)," katanya.

JIBI/SOLOPOS/Ant

NGABEKTEN -- GKR Bendara melakukan sungkem untuk meminta restu kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X disaksikan dan GKR Hemas dalam upacara ngabekten menjelang pernikahannya di Kraton Kilen, Kompleks Kraton Ngayogyakarta, Jogja, Minggu (16/10/2011). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
BERSAMA KAKAK -- Putri bungsu Sri Sultan Hamegku Buwono X, GKR Bendara (kiri) duduk berdampingan dengan kakak keempatnya, GRAj Nur Abra Juwita saat pelaksanaan upacara plangkahan dan ngabekten di Kraton Kilen, Kompleks Keraton Ngayogyakarta, Jogja, Minggu (16/10/2011). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
MENUJU PINGITAN -- Putri bungsu Sri Sultan Hamegku Buwono X, GKR Bendara (tengah) digandeng BRAy Suryadiningrat dan BRAy Suryamentaram berjalan menuju Bangsal Sekar Kedaton seusai digelar prosesi plangkahan dan ngabekten di Kraton Kilen, Kompleks Keraton Ngyogyakarta, Jogja, Minggu (16/10/2011). GKR Bendara baru akan dipertemukan dengan calon suaminya, KPH Yudanegara pada upacara Panggih pada Selasa (18/10/2011) mendatang. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Berita Terkait

Berita Terkini

8 Program Keahlian Bikin SMKN 2 Salatiga Masuk Top 1.000

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Salatiga punya delapan program keahlian yang mengantarkan sekolah ini masuk Top 1.000 sekolah terbaik nasional.

Antisipasi Kasus Covid-19 Kudus Menyebar di Solo, Polresta Awasi Lokasi-Lokasi Ini

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, meminta masyarakat terus menjalankan fungsi PPKM Mikro menyikapi angka Covid-19 di Solo yang fluktuatif.

Kabar Gembira! Diskon 100% PPnBM Mobil Diperpanjang hingga Agustus 2021

Pemerintah akan melakukan perpanjangan fasilitas diskon PPnBM DTP 100 persen untuk penjualan mobil 4x2 di bawah 1.500 cc hingga Agustus 2021.

Menteri Erick Thohir Dorong BUMN Perbesar Atensi Bagi Pelajar dan Kaum Perempuan

Menteri BUMN, Erick Thohir mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk mendukung dan memberikan atensi kepada pelajar dan kaum perempuan di Tanah Air.

Bupati Kudus Minta Warga Taat Prokes Hadapi Covid-19 India

Bupati Kudus Hartopo meminta masyarakat setempat tidak perlu panik menghadapi virus varian baru COVID-19 dari India yang terdeteksi di Kudus.

Warga Kabupaten Magelang Mulai Abai Prokes Bikin Satgas Waspada

Kegiatan masyarakat di Kabupaten Magelang, akhir-akhir ini mulai mengabaikan protokol kesehatan yang bikin Satgas Covid-19 Kabupaten Waspada.

10 Berita Terpopuler: Bantuan untuk Driver Ojol Membeludak hingga Christian Eriksen Kolaps

Berita terkait bantuan sembako untuk driver ojol korban begal membeludak menjadi kabar paling populer di Solopos.com, Minggu (13/6/2021) pagi.

Mencatut Nama Bupati Klaten untuk Penipuan, Hati-Hati dengan Nomor WA Ini

Nama Bupati Klaten, Sri Mulyani, kembali digunakan pelaku penipuan atau kejahatan sebagai akun WhatsApp (WA), Sabtu (12/6/2021).

Selain Virus B1617 India, Inilah Varian Covid-19 Lain di Indonesia

Virus Corona (Covid-19) varian jenis baru sudah masuk ke Indonesia, varian baru tersebut antara lain B117, B1351, dan B1617.

Asyik! Ada Kereta Baru Layani Rute Purwokerto-Bandung

PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan KA Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) mulai 25 Juni 2021.

Cek Jogo Tonggo di Karanganyar, Ganjar Nyumbang Tilik Bayi dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, tilik bayi dan nyumbang di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar.

28 Sampel di Kudus Positif Terdeteksi Virus Covid-19 India

Hasil data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan varian baru Covid-19 India atau B16172 terdeteksi menyebar di Kabupaten Kudus.