SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang [SPFM], Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menegaskan sebanyak 197 kabupaten dan kota di Indonesia dipastikan akan menggunakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) pada 2011. Mendagri menjelaskan proses instalasi e-KTP masih berlangsung hingga saat ini. Khusus untuk DKI, database e-KTP berada di kecamatan. Namun karena DKI meminta lebih, Kemendagri meminjamkan peralatan sampai ke kelurahan sehingga pelayanan masyarakatnya bisa lebih cepat.

Mendagri menyontohkan Jerman dengan 70 juta penduduk membutuhkan waktu 6 tahun untuk proses peralihan ke e-KTP. Dengan demikian, waktu dua tahun yang disediakan untuk program e-KTP 200 juta lebih penduduk Indonesia tentu sangat memorsir energi pemerintah. Apalagi masih muncul gangguan-gangguan dalam proses pembuatannya. Mendagri pun mempersilakan untuk memproses sesuai aturan hukum yang berlaku jika terdapat dugaan adanya penyimpangan dalam pembuatan e-KTP tersebut. [ant/rda]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya