Mendagri Sebut 70% BUMD Rugi, Pempov Jateng Klaim 100% Laba

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengklaim seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dikelola telah menghasilkan laba atau dividen. Bahkan, BUMD milik Pemprov Jateng yang sebelumnya mengalami kerugian, seperti PT Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP), tahun ini telah memberikan profit.

Mendagri Sebut 70% BUMD Rugi, Pempov Jateng Klaim 100% Laba

SOLOPOS.COM - Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng, Peni Rahayu. (Jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengklaim seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dikelola telah menghasilkan laba atau dividen. Bahkan, BUMD milik Pemprov Jateng yang sebelumnya mengalami kerugian, seperti PT Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP), tahun ini telah memberikan profit.

Hal itu disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng, Peni Rahayu, menanggapi pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo melalui pernyataan tertulis yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Rabu (28/8/2019), menyebut jika 70% BUMD yang ada di Indonesia masih mengalami kerugian. Namun, Peni menampik jika BUMD yang merugi itu berada atau dikelola Pemprov Jateng. “Mungkin di luar Jateng. Kalau di Jateng enggak ada,” ujar Peni saat dijumpai Semarangpos.com di Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang, Jumat (30/8/2019).

Peni mengatakan total ada sekitar 10 BUMD milik Pemprov Jateng. Dari 10 BUMD itu hampir seluruhnya telah memberikan dividen. “Kita enggak ada yang rugi. Semua memberikan dividen. Bahkan PRPP yang tadinya rugi sudah tidak,” ujar Peni.

Peni menambahkan tahun ini dividen yang diberikan seluruh BUMD yang dikelola Pemprov Jateng mencapai Rp500 miliar. Kontribusi terbesar berasal dari Bank Jateng. “Kalau angka pastinya saya enggak hafal. Tapi, yang paling besar tentu Bank Jateng. Setengah dari dividen yang kita [Pemprov Jateng] terima dari BUMD itu dari Bank Jateng. Kalau PRPP tahun ini sudah memberikan dividen, walaupun masih kecil,” imbuh Peni.

Peni menambahkan pencapaian BUMD ini pun akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Pihaknya pun siap melakukan inovasi guna meningkatkan profit. “Kayak CMJT [Citra Mandiri Jawa Tengah], sebentar lagi punya rest area di Tlogo. Terus SPHC [Sarana Patra Hulu Cepu] juga dapat tambahan 10% dari Randugunting. PAM di Bergas juga sudah operasional. Insya Allah BUMD kita sekarang profit,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, juga menyatakan kinerja BUMD di Jateng semakin membaik dari tahun ke tahun. Dividen yang diberikan juga terus meningkat dan rata-rata surplus 14,6%.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Stok Menipis, Pemkot Jogja Fokus Pada Vaksinasi Dosis Kedua

Stok vaksin yang tersedia di Kota Jogja tak mencukupi untuk vaksinasi dosis kedua.

Memakan Korban Jiwa, Tim Gabungan Copoti Jebakan Tikus di Ngrampal Sragen

Tim gabungan dari Forkompimcam Ngrampal, Sragen, mencopoti jebakan tikus yang teraliri listrik di area persawahan di Desa Karangudi, Selasa (3/8/2021).

Mohon Doanya, Suami-Istri Mantan Menkes Ini Positif Covid-19

Dua mantan Menteri Kesehatan, Farid Anfasa Moeloek dan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, tengah berjuang melawan Covid-19 yang mereka derita.

1 Peleton Polisi Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalanan Klaten

Rute penyemprotan disinfektan Jl. Diponegoro-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Jl. Merbabu-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Ki Ageng Gribig dan kembali ke Polres Klaten.

Tragis, Terpeleset Saat Kabur Dari RS Lapangan, Pasien Covid-19 di Bantul Meninggal di Kolam ikan

Pasien Covid-19 ditemukan meninggal dunia di dasar kolam ikan setelah mencoba kabur dari RS lapangan Khusus Covid-19 Bantul.

Ikatan Cinta 3 Agustus 2021: Diubah Penampilannya, ke Mana Ricky Bawa Elsa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 3 Agustus 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Positif Corona Tapi Tak Percaya, Pria di Sleman Nulari Warga Sekampung

Seorang pria di Sleman yang positif Covid-19 namun tidak percaya dengan virus corona membuat puluhan warga di kampungnya tertular.

Ada Vaksinasi Gratis di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan, KAI: Hanya Untuk Dosis Kedua

PT KAI memberikan vaksin gratis di Stasiun Solobalapan dan Stasiun Yogyakarta namun untuk penyuntikan dosis kedua.

Lirik Lagu Lintang Sewengi – Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Berikut ini lirik lagu Lintang Sewengi yang dinyanyikan Denny Caknan dan Ndarboy Genk yang dirilis Minggu, 1 Agustus 2021 di Youtube.

Ganjar Sebut Belum Dapat Arahan Pasang Baliho Puan Maharani, Kenapa Ya?

Ganjar Pranowo mengaku belum mendapat arahan untuk memasang baliho bergambar Puan Maharani dari PDIP.

Pandemi, Pemohon Perizinan Usaha di Sukoharjo Malah Melonjak Tajam

Kenaikan jumlah pemohon perizinan menandakan respons positif para pelaku usaha Sukoharjo terhadap beragam kemudahan secara online.

RUU PKS Terbentur Pertentangan Ideologi dan Cara Pandang

Panitia Kerja DPR yang membahas RUU PKS berharap pada 18 Agustus 2021 dapat membacakan usulan rancangan undang-undang tersebut.