SOLOPOS.COM - Minyak goreng curah kemasan sederhana merek Minyakita seharga Rp14.000 per liter dirilis Rabu (6/7/2022) hari ini. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan harga minyak goreng curah kemasan sederhana Minyakita dijual dengan harga Rp14.000 per liter di seluruh wilayah Tanah Air.

Zulkifli berharap dengan hadirnya MinyaKita bisa memberikan dampak signifikan terhadap ketersediaan minyak goreng di tengah masyarakat, khususnya daerah terpencil di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“MinyaKita sebanyak 5.000 liter tersebut akan dipatok harganya Rp14.000 per liter di tempat mana pun,” katanya, Rabu (6/7/2022).

Pada tahap awal peluncurannya pada hari ini, MinyaKita akan mulai diperjualbelikan sebanyak 5.000 liter dalam kemasan plastik satu liter seharga Rp13.000 per liter.

Harga lebih murah karena disubsidi oleh asosiasi. Dia menjelaskan produk tersebut merupakan hasil kolaborasi beberapa lembaga terkait.

Baca Juga: Minyak Goreng Curah Kemasan Rp14.000 Diluncurkan, Ini Wujudnya

Selain itu, didukung juga oleh sistem Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE), Warung Pangan, dan Sigurih.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra mengatakan merek MinyaKita sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor sertifikat TBM/002003152.

“MinyaKita bisa diproduksi dan dikemas oleh produsen siapapun dengan izin 4 tahun dan dapat diperpanjang. Dengan memenuhi syarat baik izin edar dan izin terbit,” jelasnya.

Menurut Syailendra, saat ini sudah dua produsen yang mulai memproduksi Minyakita, yaitu PT Best Agro Internasional dan PT Panca Nabati Prakarsa.
“Ada 7 perusahaan lagi yang akan megemas minyak goreng kemasan ini dan secepatnya yang dilakukan Kemendag dapat mempercepat penyaluran, terutama ke daerah Timur Indonesia,” tuturnya.

Di sisi lain, MinyaKita ditargetkan juga akan membanjiri di pusat-pusat pasar tradisional dalam 2 pekan ini.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Jawa-Bali Sudah Sesuai HET, Ini Daftar Harganya

Menurut dia, Kemendag tidak akan mematok produksi MinyaKita. Namun yang jelas, total kebutuhan minyak goreng curah Indonesia sebanyak 300.000 ton per bulan.

“Kita targetkan 2 pekan ini akan tersebar di masyarakat ya,” ucap Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Isy Karim saat ditemui di Kemendag.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Mendag Zulkifli Hasan: Harga Minyakita Rp14.000 per Liter di Mana pun!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya