Mendag Beri Izin Impor 3 Komoditas Pangan, Ini Tujuannya

Kementerian Perdagangan mengeluarkan izin impor untuk tiga komoditas pangan untuk tahun ini untuk memastikan pasokan konsumsi di dalam negeri.

 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Antara)

SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memberikan izin impor untuk tiga komoditas pangan. Yakni gula, daging sapi, dan bawang putih untuk tahun ini.

Menurut Mendag, izin impor dikeluarkan untuk memastikan pasokan konsumsi di dalam negeri memadai, sekaligus antisipasi gejolak harga.

Promosi”Filipinaisasi” Indonesia

Namun, Lutfi tidak memperinci kuota impor yang telah dikeluarkan. Dia hanya memastikan volume impor lebih dari cukup sebagai stok cadangan ketika terjadi kenaikan harga.

“Untuk gula, izin impornya sudah saya keluarkan. Stok akan menjadi lebih dari cukup untuk memastikan bahwa kalau terjadi kenaikan harga kita mempunyai ketersediaan yang cukup untuk kepentingan nasional,” kata Lutfi dalam konferensi pers pada Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Jangan Asal Ikutan, Ini Bahaya Unggah Swafoto KTP-el Menjadi NFT

Lutfi tidak bisa mengungkapkan volume impor daging sapi yang direncanakan pemerintah. Alasannya pasokan dan permintaan global dalam kondisi ketat sehingga harga menjadi sensitif. Tetapi, dipastikan izin impor telah dikeluarkan dengan pemasukan yang telah dimulai pada Januari 2022.

“Saya pastikan seluruh izin sudah keluar. Bahkan beberapa yang sudah ada izinnya akan sampai di pelabuhan minggu depan atau pekan terakhir Januari. Angkanya sudah lengkap,” katanya dikutip Bisnis.com.

Meski Lutfi tidak memperinci kuota impor dua komoditas ini, laporan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebelumnya menyebutkan bahwa kebutuhan gula mentah untuk gula kristal putih (GKP) maupun GKP langsung pada 2022 mencapai 900.000 ton.

Baca juga: Minyak Goreng Rp14.000 per Liter, Mendag Minta Tak Ada Panic Buying

Sementara perhitungan awal Kementerian Pertanian menyebutkan kebutuhan impor daging sapi maupun kerbau pada 2022 berjumlah 226.065 ton.

Untuk bawang putih, Mendag memperkirakan impor komoditas berkisar 500.000 ton. Hal ini berkaca pada realisasi tahun lalu, di mana pemasukan bawang putih mencapai 475.000 ton dari persetujuan impor sebanyak 600.000 ton yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan.

Adapun rekomendasi teknis dari Kementerian Pertanian untuk impor bawang putih mencapai 864.000 ton pada 2021.

“Biasanya memang kita mengimpor untuk bawang putih sekitar 500.000 ton. Dan ini sesuai dengan apa yang sudah kita jalankan dari tahun ke tahun,” kata dia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

+ PLUS Kenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik abagi pelanggan 3.000 volt ampere (VA) disesalkan pelaku industri yang tengah berjuang untuk bangkit setelah dihajar pandemi Covid-19.

Berita Terkini

Transaksi Tokopedia Naik, Ini Tren Belanja 2021 di Jawa Tengah dan Solo

Tren belanja Tokopedia mencatat pertumbuhan positif.

BEI Resmikan 10 Galeri Investasi Lagi di Soloraya, Ini Daftarnya

Guna mendukung program literasi, Bursa Efek Indonesia (BEI) terus membuka galeri investasi di Soloraya melalui kolaborasi dengan berbagai instansi.

Larangan Ekspor Dicabut, Gapki Siap-Siap Ekspor CPO Lagi?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membuka aliran ekspor minyak goreng dan crude palm oil (CPO). 

Implementasi MLFF akan Dilakukan Bertahap

Penerapan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau MLFF akan dilaksanakan akhir 2022 dan bertahap di beberapa ruas jalan tol.

Akan Gantikan E-Toll di Indonesia, Ini Cara Kerja MLFF

Cara kerja MLFF pengganti kartu tol ini memungkinkan kendaraan tidak berhenti untuk membayar karena menggunakan sistem satelit mengukur dan menentukan kalkulasi tarif yang dipotong melalui aplikasi di smartphone.

Keran Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Terima Kasih Pak Jokowi

Gapki akan berkoordinasi dengan eksportir dan pengusaha kapal yang biasa mengekspor setelah dibukanya kembali keran ekspor minyak goreng dan CPO oleh Presiden Jokowi dan berlaku Senin (23/5/2022).

Larangan Ekspor CPO, Pendapatan Negara Melayang Rp6 Triliun per Bulan

Negara kehilangan potensi pendapatan sekitar Rp6 triliun setiap bulannya akibat larangan ekspor crude palm oil atau CPO dan turunannya.

Erick Thohir: BUMN Tak Boleh Berhenti Dukung Ekonomi Rakyat

Ada sejumlah program yang dibuat sebagai bentuk BUMN dukung ekonomi rakyat.

Dari BRI ke Bank Digital, Ini Sosok Dirut Allo Bank (BBHI) Indra Utoyo

Sosok Indra Utoyo yang resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) memiliki pengalaman panjang di bidang teknologi perbankan.

Pesta Para Pencinta K-Pop, Korean Wave di Solo Grand Mall Meriah

Korean Wave, Culture Comes to be Loved, yang digelar Solopos Media Group (SMG) dan Solo Grand Mall (SGM) dibuka dengan penampilan K-Pop dance dan musik.

Saham Disuspensi Setahun, Begini Kondisi Keuangan PT Sritex (SRIL)

Corporate Secretary Sritex Welly Salam menjelaskan saat ini Sritex mengandalkan arus kas internal untuk kebutuhan modal kerja dan kebutuhan operasional.

Rhenald Kasali Jadi Komisaris Independen PT Kalbe Farma (KLBF)

Sebelum mengisi jabatan sebagai komisaris independen KLBF, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia tercatat pernah menjabat sebagai komisaris utama PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) sampai Mei 2021

Harga Gula Naik, Pengusaha Pastikan Segera Turun, Ini Pendorongnya

Pekan ini beberapa pabrik gula sudah giling, dalam tiga hari ke depan keluar gula

Masuki Musim Giling, DPR Minta Pemerintah Pastikan Stok Gula Aman

Pada awal Februari 2022, holding pabrik gula milik BUMN, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sudah mengimpor sebanyak 25.000 ton gula mentah.

Mantap, Pertamina: Harga BBM dan Elpiji Tidak Naik

Pertamina menegaskan tidak menaikkan harga BBM dan elpiji setelah ada persetujuan dari DPR terkait asumsi harga BBM di atas US$100 per barel.