SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Menbudpar resmikan Candi Kimpulan

SLEMAN-Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) RI, Jero Wacik meresmikan Candi Kinpulan siang ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Candi yang secara tidak sengaja ditemukan pekerja proyek pembangunan gedung perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) saat menggali footplat pondasi pada Jumat, 11 Desember 2009 dinilai Jero sebagai simbol kerukunan.

“Ditemukan pas Jumatan, dan ternyata yang ditemukan patung Ganesha dan petilasan candi zaman Hindu. Ini membuktikan kebhinnekaan kita,” kata Jero saat memberikan sambutan di kampus UII terpadu siang ini.

Ia juga mengapresiasi Rektor UII dan Badan Wakaf UII yang bersedia mempertahankan dan mengembangkan temuan tersebut. Bahkan, tegasnya, inisiatif UII untuk mengubah desain bangunan perpustakaan UII supaya harmonis dengan candi disambutnya dengan baik.

Rektor UII, Edy Suandi Hamid menuturkan dengan diresmikannya Candi Kimpulan yang kental dengan suasana Hindu semakin menegaskan kampus muslmi ini bersifat inklusi atau terbuka bagi siapapun.

Selain meresmikan candi, tambahnya, UII juga meresmikan Perpustakaan UII bernama Gedung Muhammad Hatta. Perpustakaan yang menampung sekitar setengah juta buku ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat baik masa ini atau masa depan. (Harian Jogja/Mediani D.N.)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya