SOLOPOS.COM - Wasiman, Sakim dan Iswanto ketika menjadi petugas pengibar bendera, dalam upacara HUT ke-69 Kemerdekaan RI di Laut Selatan Gunungkidul, Minggu (17/8/2014). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Setelah sempat vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY di Pantai Baron akan menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi di laut.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono, mengatakan aktivitas upacara di laut untuk memperingatai Hari Kemerdekaan Republika Indonesia merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Namun, adanya pandemi Covid-19 maka dua tahun terakhir kegiatan ini tidak diselenggarakan.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Dia menyampaikan pada tahun ini, upacara di dalam laut kembali digelar untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI.

“Upacara dilaksanakan pukul 10.00 WIB pada 17 Agustus 2022 mendatang,” kata Marjono, Rabu (10/8/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ngawur! Penjaga Kos di Bantul Gelapkan & Jual Tiga Motor Milik Bosnya

Dia menuturkan upacara dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut di Pantai Baron. Rencananya, ada satu orang pembawa bendera dan didampingi dua pengibar bendera berenang ke tengah laut. Setelah ketiganya berenang akan disusul sebanyak 17 perenang dan berikutnya 45 perenang.

“Jadi formasinya tiga, 17, dan 45 dengan melibatkan anggota SAR di wilayah lain,” jelasnya.

Marjono menyampaikan upacara ini terbuka untuk umum. Wisatawan yang datang juga diperbolehkan untuk mengikuti prosesi ini. Namun, peserta wajib membawa pelampung sendiri-sendiri.

“Pelampung dibutuhkan untuk keselamatan,” jelas dia.

Baca Juga: Pemaksaan Berjilbab, Guru SMAN 1 Banguntapan Minta Maaf ke Ortu Siswi

Dia mengaku juga sudah berkoordinasi dengan para nelayan. Untuk pengamanan akan disediakan sekitar 40 perahu jukung guna mengawal jalannya upacara di laut.

“Perahu-perahu diterjunkan membantu dan mengawasi para peserta,” kata dia.

Lebih lanjut, dia berharap semoga kondisi gelombang landai pada saat acara upacara berlangsung sehingga tidak mengganggu jalannya kegiatan.

“Kami terus pantau perkembangan terkini di laut. Mudah-mudahan aman dan acara bisa berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Baca Juga: SDN di Sleman Kebakaran, 6 Ruang & Puluhan Komputer Ludes Terbakar

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengapresiasi rencana SAR Satlinmas Wilayah 2 untuk menggelar upacara peringatan Kemerdekaan RI di laut. Harapannya acara ini bisa menjadi pendongkrak kunjungan ke kawasan pantai di Gunungkidul.

“Untuk dinas tidak mengagendakan secara khusus peringatan HUT ke-77 RI. Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan tim SAR berjalan dengan lancar,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul HUT KEMERDEKAAN RI : SAR Baron Kembali Gelar Upacara di Laut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya