Antoine Griezmann (Reuters-Albert Gea)

Solopos.com, BARCELONA — Barcelona pernah memiliki trio REM (Ronaldinho, Eto’o, Messi), MSN (Messi, Suarez, Neymar) hingga MSD (Messi, Suarez, Dembele) di lini depan. Dari deretan trisula dahsyat ini, kombinasi MSN bisa dibilang paling sukses karena pernah mencatat 131 gol pada musim 2015/2016.

Sebuah angka fantastis yang sekaligus meruntuhkan rekor trio Real Madrid, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Gonzalo Higuain, yang mengemas 118 gol pada musim 2011/2012. Daya gedor trio MSN bahkan amat stabil dengan selalu mencetak lebih dari 100 gol per musim sejak 2014/2015 sebelum akhirnya bubar jalan pada 2016/2017.

Banyak pihak menilai trio MSN, yang telah mengukir 364 gol dan sembilan trofi, tak akan pernah tertandingi kedahsyatannya di Barca. Namun anggapan itu bisa jadi segera tak berlaku dengan kehadiran Antoine Griezmann ke Camp Nou. Bergabungnya Griezmann membuat Barca memiliki trio MSG (Messi, Suarez, Griezmann) yang punya profil kuat untuk mengulang sukses MSN.

Pada musim 2015/2016 hingga 2017/2018, tiga serangkai tersebut berhasil mencetak lebih dari 100 gol di semua ajang. Pada musim 2015/2016, gol mereka bahkan mencapai 132 gol atau lebih unggul dari catatan trio terbaik trio MSN yakni 131 gol.

Saat itu Messi mencetak 41 gol, Suarez 59 gol dan Griezmann 32 gol ketika masih bersama Atletico. Pendukung Barcelona jelas berharap statistik tersebut bisa membantu tim kembali meraih gelar Liga Champions yang mereka idamkan sejak empat tahun terakhir.

Griezmann, yang diikat di Camp Nou selama lima tahun dengan transfer 120 juta euro, mengaku tak akan melewatkan “kesempatan keduanya” untuk bergabung dengan Barca. Striker Timnas Prancis itu memang sudah dikaitkan dengan Blaugrana sejak 2017 atau setelah Neymar dijual ke Paris Saint-Germain (PSG). Namun saat itu Barca akhirnya menjatuhkan pilihan ke Ousmane Dembele.

“Ketika saya masih kecil, ayah bilang bahwa kesempatan itu tak hanya datang sekali. Kini saatnya untuk menerima tantangan di tempat yang baru. Pada akhirnya kami bisa bersama. Saya akan membela Barca dengan sepenuh jiwa dan komitmen,” ujar Griezmann dilansir akun Twitter Barcelona.

Mobilitas dan fleksibilitas Griezmann tentu sangat membantu Ernesto Valverde dalam meracik lini depan tim. Selain striker utama, Griezmann memang bisa ditempatkan sebagai winger. Karakternya yang santun serta ambisi tingginya meraih gelar menjadi poin plus lain bagi pemain 28 tahun tersebut.

Di sisi lain, kehadiran Griezmann bisa membuat salah satu dari Dembele, Philippe Coutinho atau Malcom terlempar dari Camp Nou. Coutinho bahkan dikabarkan “dipaksa” menyerahkan nomor tujuh pada sang striker anyar. Griezmann memang telah memakai nomor idolanya itu sejak berkarier di Real Sociedad.

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, meyakini lini depan Barca akan memiliki kombinasi spektakuler dengan masuknya Griezmann. “Griezmann pemain hebat, bintang kelas dunia. Saya rasa itu akan menjadi transfer yang bagus untuk Barcelona,” ujar Xavi dilansir Marca.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten