SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Sebagai juara bertahan dan finalis, Barcelona serta Manchester United jadi tim paling dihindari di babak 32 besar. Yang menarik disimak adalah keberadaan AC Milan dan Manchester City, yang berpotensi memunculkan grup neraka.

Sebanyak 32 tim yang akan berlaga di fase grup Liga Champions akhirnya terpilih menyusul tuntasnya laga play-off leg kedua tengah pekan ini. Bayern Munich, Arsenal, Villarreal serta Olympique Lyon menjadi empat dari 10 tim yang lolos dari babak tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya, seluruh klub tersebut akan diundi ke dalam delapan grup. Drawing tersebut akan digelar pada Kamis (25/8) ini di Monako pukul 18.00 waktu setempat.

Sama seperti musim-musim sebelumnya, tim-tim terlebih dahulu dikelompokkan berdasarkan daftar unggulan yang didapat dari koefisien UEFA. Delapan tim dengan koefisien tertinggi akan ditempatkan di Pot 1, delapan tim dengan koefisien lebih kecil di Pot 2 dan begitu seterusnya hingga tim dengan koefisien terendah di Pot 4.

Ekspedisi Mudik 2024

Nantinya seluruh klub tersebut akan dibagi ke dalam delapan grup berbeda, yang masing-masing grup terdiri dari empat tim. Pembagian tim ke dalam delapan grup itu masih menjalani aturan yang sama, klub dari satu negara tidak akan berada di satu grup.

Keberadaan AC Milan di Pot 2 dan Manchester City di Pot 3 membuat drawing malam nanti berpotensi memunculkan beberapa grup neraka. Salah satu peluang yang mungkin terjadi adalah tergabungnya Barcelona (Pot 1), AC Milan (Pot 2), Manchester City (Pot3) dan Borussia Dortmund (Pot 4) di grup yang sama.

Meski jadi kampiun Seri A, Milan harus puas ditempatkan di Pot 2. Itu karena Rossoneri kurang berprestasi dalam beberapa tahun ke belakang, yang membuat koefisien UEFA mereka tak sebanyak, misalnya, Inter Milan, Bayern Munich atau bahkan FC Porto.

Sementara meski berstatus debutan, City jelas jadi tim yang juga dihindari. The Citizens bisa jadi kuda hitam mengingat skuad penuh bintang yang mereka miliki.

Pembagian Pot untuk Drawing Fase Grup Liga Champions

Pot 1:
Manchester United
Barcelona
Chelsea
Bayern Munich
Arsenal
Real Madrid
Porto
Inter Milan

Pot 2:
AC Milan
Olympique Lyon
Shakthar Donetsk
Valencia
Benfica
Villareal
CSKA Moskow
Olympique Marseille

Pot 3:
Zenit St. Petersburg
Ajax Amsterdam
Bayer Leverkusen
Lille
FC Basel
BATE Borisov
Manchester City
Olympiakos

Pot 4:
Borussia Dortmund
Napoli
Dinamo Zagreb
APOEL Nicosia
Genk
Victoria Plzen
Otelul Galati
Trabzonspor

(dts)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya