Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian

Menantang kemampuan kamera iPhone 13 Series untuk memotret Gerhana Bulan Sebagian.

 Tangkapan layar tampilan samping kamera iPhone 13 Pro. (www.apple.com/id)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar tampilan samping kamera iPhone 13 Pro. (www.apple.com/id)

Solopos.com, SOLO – iPhone series ramai diperbincangkan di Indonesia setelah harganya mulai dirilis. Pada seri iPhone 13 Pro, fitur telefoto menjadi andalan yakni zoom optic 3x memperbesar dan zoom digital hingga 15x. Apakah fitur tersebut mampu menghasilkan foto kualitas sempurna untuk mengabadikan peristiwa alam Gerhana Bulan Sebagian, Jumat (19/11/20210) sore?

Sebagaimana diumumkan Lapan, puncak dan fase akhir Gerhana Bulan Sebagian sore ini, Jumat (19/11/2021), bisa dilihat dari beberapa wilayah di Indonesia. Jadi peristiwa alam seperti Gerhana Bulan Sebagian kali ini layak dijadikan ajang pembuktian produk teknologi, utamanaya dalam fitur fotografinya.

Baca Juga: Versi Lapan: Soloraya Bisa Lihat Gerhana Bulan Sebagian 19 November

iPhone boleh dibilang menjadi produk smartphone yang memiliki ‘kasta tinggi’. Namun untuk urusan fotografi Bulan, hasil berkualitas masih dipertanyakan. Hal itu sebagaimana diulas Shayne Mostyn, seorang fotografer yang berkonsentrasi membahas kemampuan dan cara mobile photography alias fotografi dengan smartphone.

“Omong kosong jika memotret bulan bisa menghasilkan kualitas baik dengan gawai. Karena kontras tinggi di malam hari, jadi akan lebih baik memotret bulan tidak malam hari,” kata Shayne saat membahas kemampuan iPhone 12 Pro Max.

Baca Juga: Doa dan Harapan Masuk 5 Besar Reels Instagram Paling Digemari

Namun dia memastikan memotret Bulan maupun Gerhana Bulan tidak merusak perangkat foto. Untuk hasil memfoto Bulan dengan iPhone Pro Max, Shayne merasa tak puas jika tak menggunakan bantuan alat lain.

“iPhone Pro Max memiliki lensa zoom dua setengah kali. Gerhana Bulan akan sangat aman dilihat mata telanjang, namun dengan iPhone perlu bantuan teleskop atau spotting scope,” jelasnya.

Shayne pun berbagi tips memotret Gerhana Bulan. Pertama , pemotret harus memastikan posisi orbitnya. “Paling jelas, sehari sebelumnya sudah tahu di mana dia akan muncul dan di mana kita akan memotret,” kata Shayne.

Baca Juga: Kisah Bocah Selamatkan Nyawa Ayah dengan Fitur Deteksi Wajah

Berikutnya, lanjut dia, siapkan teleskop atau teropong lain yang membantu kamera iPhone melihat Bulan lebih dekat. Melihat alat yang ditunjukkannya dalam praktik memotret Bulan, iPhone didekatkan celah melihat teropong. “Ya ini sangat dekat, jadi butuh mengaktifkan mode makro. Lihat hasilnya, sangat detail,” jelasnya.

Sebagai informasi, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro sudah dipajang di laman resmi Apple Indonesia. Mengambil seri tertinggi, iPhone 13 Pro dibekali sistem kamera Pro 12MP. Kamera itu terdiri telefoto, wide dan ultra wide. Fitur telefoto itu dibekali bukaan f/2.8, bukaan f/1.5 untuk kamera wide dan bukaan f/1.8 untuk kamera ultra wide.

Berita Terkait

Berita Terkini

Riset Independen, Samsung Kuasai Pasar Ponsel Entry Level Indonesia

Samsung mengeklaim telah jadi penguasa pasar ponsel entry level di Indonesia berdasarkan riset independen yang dilakukan vendor asal Korea Selatan ini.

Jam Pintar Olike Zeth W1 Meluncur di Indonesia, Ini Fiturnya

Olike resmi merilis jam pintar Olike Zeth W1 berdesain tipis untuk menemani aktivitas kesehatan penggunanya.

Dikeluhkan Pengguna, Apa Itu Pink Screen di iPhone 13

Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah layar merah muda atau Pink Screen di iPhone 13, bagaimana penjelasan Apple?

Twitter Perkenalkan Fitur Baru, Bikin Pengguna Bisa Pamer NFT

Twitter memperkenalkan fitur terbaru NFT Profile Pictures yang memungkinkan penggunanya memamerkan non fungible token atau NFT.

Browser Khusus Kripto Buatan Opera, Apa Saja Fiturnya?

Fitur utama Web3 kripto browser ini adalah built-in non-custodial wallet yang akan mendukung blockchain termasuk Ethereum, Bitcoin, Celo, dan Nervos.

+ PLUS Rp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Pendapatan bulanan Rp8,1 triliun bisa dicapai dari servis telinga alias penyedia layanan musik streaming.

Samsung Galaxy Tab A8 Meluncur di Indonesia, Cek Kemampuannya

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Tab A8 di Indonesia dengan kapasitas baterai 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB.

Ini Tips Memilih STB Biar Bisa Nonton Siaran Digital

Belilah set top box (STB) yang memiliki tulisan DVB-T2 atau siap digital pada kemasannya, agar TV bisa menangkap siaran digital.

Data BI Bocor, Kemenkominfo Awasi Penyelenggara Sistem Elektronik

Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik.

+ PLUS Torium Memenuhi Kebutuhan Energi 10 Miliar Orang Selama 20.000 Tahun

Torium bisa memenuhi kebutuhan energi 10 miliar orang untuk jangka waktu 10.000 tahun hingga 20.000 tahun.

Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Infinix INBOOK X2 hadir dengan versi yang lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan versi sebelumnya

Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Vivo V23 segera hadir dengan desain elegan dan fast charging, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan dan kecanggihan teknologi saat ini.

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Kemenkominfo: Tingkat Keamanan Digital Indonesia Tidak Memuaskan

Kemenkominfo menyebut tingkat keamanan digital Indonesia paling rendah dibandingkan dengan pilar literasi digital lainnya.

Catat! Redmi Note 11 Diluncurkan 26 Januari

Seri Redmi Note 11 akan diluncurkan di pasar global pada 26 Januari mendatang. Demikian kabar dari Xiaomi melalui unggahan teaser di Twitter.

Find N Ponsel Lipat dari Oppo, Cek Spesifikasinya

Oppo memamerkan smartphone flagship atau ponsel lipat pertamanya Oppo Find N dalam ajang Inno Day yang digelar secara offline di Indonesia.