SOLOPOS.COM - Chloe Zhao (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA--Sutradara Chloe Zhao berhasil membawa pulang Piala Oscar.  Dia membawa pulang piala Best Director di ajang Oscar 2021 berkat Nomadland.

Sutradara Nomadland ini mencetak rekor di ajang Oscar. Chloe Zhao menjadi wanita kedua sekaligus wanita Asia pertama yang memenangi Piala Oscar untuk kategori ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip ABC7chicago.com, Senin (26/4/2021), untuk penyelenggaraan Oscar tahun ini juga mencetak sejarah lantaran ada dua nomine sutradara wanita dalam kategori Best Director yaitu Zhao dan sutradara Promising Young Woman, Emerald Fennell. Berdasarkan catatan penyelenggaraan Oscar, hanya tujuh sutradara wanita pernah jadi nomine untuk kategori ini.

Sutradara Chloe Zhao menceritakan kisah seorang perempuan di usia 60 tahunan yang kehilangan segalanya dan harus mengembara sepanjang hidupnya. Kisah tersebut disampaikan melalui film Nomadland.

Baca Juga: 6 Film Terbaik Oscar Ini Raih Piala Paling Sedikit

Kisah tersebut membuat Chloe Zhao membawa pulang piala Best Director atau Sutradara Terbaik di ajang Oscar 2021. Ia berhasil mengalahkan David Fincher (Mank), Emerald Fennell (Promising Young Woman), Lee Isaac Chung (Minari), dan Thomas Vinterberg (Another Round).

Dalam pidatonya, Chloe Zhao membawa kita semua ke masa kecilnya. Ia mengingat permainan yang kerap ia lakukan bersama teman-temannya saat di China.

"Saat aku tumbuh di China, aku selalu memainkan permainan ini. Kami menghafal puisi dan teks klasik China, dan melafalkannya bersama-sama. Kami mencoba untuk menyelesaikan kalimat masing-masing," ungkap Chloe.

"Ada satu yang aku ingat bernama 'tiga karakter klasik' Kalimat pertama berbunyi: manusia pada dasarnya dilahirkan dengan kebaikan. Enam kata tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar bagiku saat kecil. Dan aku benar-benar mempercayainya hingga kini. Walaupun kadang kebalikannya benar, tapi aku selalu menemukan kebaikan pada orang-orang yang aku temui, ke mana pun aku pergi di dunia ini," beber Chloe Zhao.

Baca Juga: Raih Oscar 2021, Daniel Kaluuya Dedikasikan Kemenangan Untuk Ibunda

Chloe Zhao pun mempersembahkan piala tersebut untuk mereka yang masih berpegang teguh pada kebaikan dalam diri. Ia mengaku terinspirasi oleh kebaikan tersebut.

"Jadi penghargaan ini untuk mereka yang masih memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam diri mereka sendiri. Untuk berpegang pada kebaikan tak peduli betapa sulitnya untuk melakukan hal tersebut. Dan ini untuk kalian semua. Kalian menginspirasiku untuk terus berjalan. Terima kasih," beber Chloe Zhao.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya