SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rustenburg – Kemenangan 3-1 yang diperoleh Jepang berhasil mengirim Denmark pulang lebih dini. Tim Samurai Biru melaju ke babak 16 Besar mendampingi Belanda.

Dalam laga yang dihelat di Royal Bafokeng Stadium, Jumat (25/6) dinihari WIB, Denmark menekan sejak awal. Akan tetapi tim Dinamit justru kebobolan lebih dulu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jepang berhasil mencetak dua gol di babak pertama lewat tendangan bebas melalui Keisuke Honda dan Yasuhito Endo. Jon Dahl Tomasson memperkecil ketinggalan lewat titik putih namun Jepang kembali memperlebar jarak melalui Shinji Okazaki.

Kemenangan ini membuat Jepang finis sebagai runner up Grup E dengan nilai enam dan berhak melaju ke perdelapanfinal mendampingi Belanda yang menjadi juara grup usai menang 2-1 atas Kamerun.

Jalannya Pertandingan

Inisiatif serangan Denmark dimulai di menit keempat. Kerjasama antara Tomasson dan Simon Poulsen membuahkan sebuah tembakan yang masih menyamping di gawang Eiji Kawashima.

Lima menit kemudian, Denmark kembali mendapat peluang. Diawali dari sepak pojok Thomas Kahlenberg, Per Kroldrup menyambutnya dengan kaki yang melahirkan sebuah sepakan yang masih melenceng di kanan gawang Jepang.

Peluang pertama Jepang lahir di menit 14. Daisuke Matsuki membuat operan bola yang diterima oleh Makoto Hasebe. Nama terakhir lantas melepas tendangan namun masih melambung.

Gol pertama Jepang berhasil tercipta tiga menit kemudian. Honda melepas sebuah tendangan bebas yang cantik dari luar samping kotak pinalti dan menghujam ke tiang jauh gawang Denmark. 1-0 buat keunggulan Negeri Sakura.

Tertinggal, Denmark meningkatkan serangan. Di menit 22, Lars Jacobsen mengirim bola ke area pinalti yang disambut oleh Tomasson hanya menghasilkan sepak pojok.

Kurang dari sepuluh menit, Jepang justru berhasil menggandakan keunggulannya kembali lewat tendangan bebas hasil pelanggaran atas Okubo. Endo yang kali ini tampil sebagai eksekutor berhasil menjaringkan bola yang bersarang di sudut bawah jala Thomas Sorensen.

Skor tetap 2-0 hingga babak pertama selesai.

Belum empat menit laga babak kedua berjalan, Denmark nyaris saja kembali kebobolan kembali lewat set-piece. Bola tembakan Endo tidak sempurna ditangkap Sorensen yang jatuh dan Endo kembali menyambar bola liar. Sepakan Endo masih menyamping.

Denmark melewatkan sebuah kesempatan mencetak gol di menit 51. Tomasson, Bendtner dan Kahlenberg yang berada di depan gawang Jepang gagal menyambar crossing dari Jacobsen.

Permainan cantik Jepang di menit 57 hampir membuahkan gol. Sayang hakim garis keburu mengangkat bendera tanda Honda dalam posisi offside.

Semenit berselang, Denmark kembali menebar ancaman lewat Jakob Poulsen yang melepas tendangan dari jarak jauh. Tapi Kawashima masih sigap menghalau bola.

Denmark kembali gagal memanfaatkan peluang yang datang d menit 69. Operan dari Jacobsen tiba di kaki Tomasson. Pemain yang disebut terakhir cuma bisa melepas tendangan lemah yang mudah saja diblok Kawashima.

Shinji Okazaki yang masuk menggantikan Matsui membuat pergerakan berbahaya di menit 77. Sayang, bola mudah saja ditangkap Sorensen.

Pelanggaran Hasebe atas Agger di kotak terlarang menghasilkan hadiah pinalti untuk Denmark. Tendangan Tomasson berhasil digagalkan namun ia berhasil menjaringkan bola rebound di menit 81.

Enam menit kemudian, Jepang kembali membobol gawang Denmark untuk yang ketiga kali. Diawali dengan pergerakan Keisuke Honda di kotak penalti yang mengirim operan kepada Okazaki dan lantas menyepak bola ke sudut kiri Sorensen.

Hingga peluit panjang wasit berbunyi skor 3-1 tidak berubah.

Susunan Pemain:

Denmark: 1-Thomas Sorensen, 4-Daniel Agger, 13-Per Kroldrup (18-Soren Larsen 56′), 15-Simon Poulsen, 6-Lars Jacobsen, 10-Martin Jorgensen (14-Jakob Poulsen 34′), 2-Christian Poulsen, 12-Thomas Kahlenberg (21-Christian Kahlenberg 63′), 19-Dennis Rommedahl, 9-Jon Dahl Tomasson, 11-Nicklas Bendtner

Jepang: 21-Eiji Kawashima, 4-Marcus Tulio Tanaka, 22-Yuji Nakazawa, 5-Yuto Nagatomo, 3-Yuichi Komano, 2-Yuki Abe, 7-Yasuhito Endo, 17-Makoto Hasebe, 16-Yoshito Okubo, 18-Keisuke Honda, 8-Daisuke Matsui (9-Shinji Okazaki 73′)



dtc/tya
?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya