SOLOPOS.COM - (Reuters)

Las Vegas (Solopos.com)--Manny Pacquiao berhasil mempertahankan sabuk juara kelas welter versi badan tinju WBO. Dalam laga kontra Juan Manuel Marquez, Pacman dipaksa bertarung 12 ronde sebelum akhirnya menang angka.

Dalam pertarungan yang digelar di MGM Grand, Las Vegas, Minggu (13/11/2011) siang WIB, Pacquiao mendapat perlawanan sengit dari Marquez yang tampil taktis. Meski sempat dibuat frustrasi menembus pertahanan lawannya, Pacquiao akhirnya dinyatakan menang angka 114-114, 115-113 dan 116-112.

Kemenangan ini sekaligus juga mempertahankan keunggulan Pacman atas Marquez. Sebelumnya kedua petinju itu sudah berhadapan dua kali, dengan Pacman meraih satu kemenangan sementara satu laga lainnya berakhir imbang.

Sejak bel ronde pertama berbunyi Pacquiao langsung berusaha menekan lawannya, petinju berusia 32 tahun itu terus merangsek maju. Di sisi lain Marquez memilih bermain sabar, dia mengandalkan counter lewat pukulan cepat dan bertenaga.

Sampai tiga ronde pertama terlalui belum banyak pukulan kedua petinju yang masuk. Pacquiao kesulitan menebus pertahanan lawannya, yang bermain aman dengan menjaga jarak jangkauan dan masih mengandalkan serangan balik.

Jual-beli pukulan baru terjadi di ronde empat, di mana kedua petinju berhasil menyarangkan pukulan ke wajah lawannya. Beberapa jab Pacquiao mendarat di wajah Marquez, namun petinju asal Meksiko itu membalas lewat hook kanan yang tepat sasaran.

Marquez kemudian menguasai sepenuhnya ronde lima. Dia sempat mendaratkan pukulan jab kanan yang membuat Pacman terhunyung mundur. Di akhir ronde beberapa kombinasi pukulan Marquez juga masuk sasaran.

Dua ronde berikutnya Marquez masih lebih dominan. Meski lebih banyak bertahan, beberapa pukulan petinju 38 tahun itu membuat repot Pacquiao. Kombinasi pukukan Marquez serta hook kanannya membuat ronde tujuh kembali jadi miliknya.

Pada ronde delapan Pacquaio masih belum bisa menembus pertahanan Marquez. Pukulan yang dia lancarkan tak banyak yang masuk. Di sisi yang berbeda Marquez malah terus mengumpulkan poin lewat pukulannya yang mendarat.

Di dua ronde akhir Pacquiao mencoba bermain lebih agresif. Dia kerap melakukan serbuan demi membongkar pertahanan Marquez. Beberapa pukulannya berhasil masuk, meski strategi counter Marquez membuat Pacman tak bisa mengeluarkan keganasannya.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya