Menakutkan! Anggota DPRD Solo Ungkap Detik-Detik saat Mobil Dirusak di Minahasa

Anggota DPRD Solo Hartanti menceritakan detik-detik saat mobil yang ditumpanginya dirusak warga saat kunker di Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (28/9/2022).

 Gedung DPRD Solo. (Solopos/dok)

SOLOPOS.COM - Gedung DPRD Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO — Insiden mobil rombongan anggota Komisi I DPRD Solo dirusak warga saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (28/9/2022), membuat Hartanti merasa ketakutan.

Kebetulan, legislator asal Nusukan, Banjarsari, tersebut mengaku tercengang dan tidak berani keluar dari mobil sewaan yang ditumpanginya. Saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler (ponsel), Kamis (29/9/2022) siang, Hartanti menceritakan detik-detik peristiwa yang membuatnya panik tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Hartanti menuturkan mobil yang ditumpanginya menyenggol anak kecil berseragam sekolah dasar (SD) yang mendadak lari menyeberang jalan di depan mobilnya yang tengah melaju. Untung saai itu mobil melaju pelan, hanya dengan kecepatan 20-30 km/jam.

“Mbok kui misale pembalap pun ora mungkin menghindar, cah cilik ujug-ujug mlayu, kene ngerti dewe. Bocahe ora apa apa. Ndeke tiba neng ngarep mobil, ujug-ujug wong kono ngamuk, kene neng njero mobil wedi nuh,” ungkapnya.

Hartanti semakin ketakutan karena ada salah seorang yang mengamuk itu membawa benda seperti linggis. Teman anggota DPRD Solo itu yang merupakan orang dari daerah setempat pun mencegahnya keluar dari mobil yang dirusak itu dengan alasan keselamatan.

Baca Juga: Tabrak Anak SD, Mobil Ditumpangi Anggota DPRD Solo Dirusak Warga di Minahasa

“Ternyata wong-wong kui, sing siji ngamuk kui, ndekne gawa senjata seperti linggis. Aku sama orang sana, aku mau keluar dicegah tidak boleh keluar, akhirnya saya tidak berani keluar. Kene sopire barang kan lapor balik,” terangnya.

Hartanti menuturkan saat kejadian mobil yang dia tumpangi sebenarnya melaju pelan karena berada di keramaian seperti pasar. Mengetahui ada beberapa orang mengamuk, teman Hartanti turun dari mobil dan berusaha melerai mereka.

Korban Hanya Luka Lecet

“Wong kono sing gawa aku mudun [turun dari mobil] melerai, neng jenenge uwong. Tapi malah ditahan kabeh ketoke,” imbuhnya. Mengenai kondisi anak yang tersenggol mobil yang ditumpanginya, Hartanti menyebut hanya mengalami luka lecet.

Baca Juga: Emoh Dipindah ke Pasar Tradisional, PKL TSTJ Minta Audiensi dengan DPRD Solo

Bocah itu menurut dia diduga pulang dari sekolah. “Dia pulang sekolah, ujug-ujug mlayu ke arah mobilku. Ndeke nyeberang mlayu, kesenggol gon pojokan, terus tiba. Ya jenenge tiba lecet, terus dibawa ke rumah sakit,” katanya.

Ihwal pelaporan ke polisi atas tindak perusakan mobil, menurut Hartanti, hal itu dilakukan oleh pemilik mobil. “Kami sewa mobil yang punya rental ya ora terima ta dirusak. Iki wargane kok ngeri men, gek gawa linggis coba,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil yang ditumpangi rombongan anggota Komisi I DPRD Solo dirusak warga saat melintas di Kecamatan Pineleng, Minahasa, Sulut, Rabu (28/9/2022). Mereka di sana dalam rangka kunker mengenai tata pemerintahan.

Baca Juga: Sekira 45 Anggota DPRD Solo Kunker ke Papua, Manado, Lombok, dan Bandung

Komisi I dan tiga komisi lainnya di DPRD Solo melakukan kunker sejak Senin (26/9/2022) ke beberapa daerah berbeda. Komisi I DPRD Solo berkunjung ke Manado, Komisi II ke Papua Barat, Komisi III ke Lombok, dan Komisi IV ke Bandung.

Komisi II DPRD Solo bertolak ke Papua sejak Minggu (25/9/2022), sedangkan tiga komisi lainnya berangkat mulai Senin (26/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pemkab Klaim Tak Ada PHK di Boyolali, tapi Ada Pengurangan Jam Kerja

      Pemkab Boyolali melarang keras perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawan di Boyolali.

      Orasi Tuntas Subagyo di Hadapan Massa: Dukung IKN Nusantara & NKRI Harga Mati

      Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, menyampaikan orasi mendukung program pemerintah, salah satunya membangun IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

      Pecah! Nella & Woro Sukses Pukau Penonton Konser Tengah Sawah di Sukoharjo

      Tuntas Subagyo menyelenggarakan konser di tengah sawah dan perkampungan Purbayan, Sukoharjo dalam rangka launching YSNW dan Doa Bersama Lintas Agama pada Jumat (2/12/2022).

      Alhamdulillah Lega! Warga Bengle Boyolali Dapat Bantuan Sumur Bor dari KIPS

      Warga Dusun Cupit, Kabupaten Boyolali, mendapatkan bantuan pembuatan sumur dalam dari Komunitas Isuzu Panther Soloraya (KIPS) Peduli.

      Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta

      Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali pada 2023 diusulkan sebesar Rp2.155.712,29.

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.