SOLOPOS.COM - Muhaimin Iskandar

Muhaimin Iskandar

Jakarta (Solopos.com)–Meski mendapat kritikan, pemerintah ya?kin sudah ada kemajuan dalam proses penanganan TKI. Bahkan tahun ini diklaim sebagai periode terbaik sepanjang masa dalam koordinasi lintas sektoral sejak beberapa waktu terakhir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini disampaikan oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (23/6/2011). Hadir dalam jumpa pers Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menko Kesra Agung Laksono, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menlu Marty Natalegawa, dan beberapa menteri lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhaimin memaparkan upaya kementeriannya yang sudah dilakukan selama ini. Mulai dari rekomendasi dan perbaikan nasib TKI, meningkatkan peran Pemda dalam pengawasan TKI, dan pengawasan secara permanen oleh tim terpadu untuk membantu TKI.

Tidak hanya itu, pemerintah juga telah menandatangani 10 MoU dengan 10 negara penempatan TKI akhir Mei lalu. Khusus di Malaysia, TKI sudah mendapatkan hak libur sekali seminggu, memegang paspor sendiri, dan hak gaji yang layak. Semua ini diperoleh berkat upaya diplomasi pemerintah.

Khusus dengan Arab Saudi, pemerintah sudah menandatanani perjanjian sementara sebelum MoU yang menjamin perbaikan kesejahteraan bagi TKI. Telah dibentuk juga grup kerjasama untuk mewujudkan MoU tersebut.

Untuk pemulangan TKI bermasalah atau overstayer, Muhaimin mengklaim sudah berbuat maksimal. Dalam 10 bulan terakhir, sudah ada 7.000 TKI bermasalah yang dipulangkan, di samping agenda pemulangan rutin. “Alhamdulillah ini adalah periode koordinasi lintas sektoral yang terbaik selama ini,” kata Cak Imin penuh percaya diri.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya