SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mekah–Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, meninjau sejumlah pemondokan bagi jemaah haji asal Indonesia di Mekah, Arab Saudi.

Salah satunya adalah rumah nomor 1102 selama ini dikabarkan sebagai pemondokan yang terburuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya sudah lihat pemondokan 1102, pemondokan terburuk, infonya dari wartawan,” kata Suryadharma usai meninjau pemondokan di  Mekah, Selasa (9/11) pukul 23.00 waktu Arab Saudi atau Rabu (10/11) Waktu Indonesia Barat (WIB).

Ekspedisi Mudik 2024

Menag memulai peninjauan pondokan dari rumah nomor 1117 di kawasan Jarwal Mekah. Di rumah ini, Menag berdialog dan menyampaikan sekedar bingkisan kepada para jemaah dari Pandeglang yang tinggal di sana.

Di dalam dialog, jemaah menyampaikan air minum yang sering kosong. Atas pengaduan tersebut, Menag yang juga menjabat sebagai Amirul Haj mengimbau agar masalah air minum tersebut segera di atasi.

Dari rumah 1117, Menag meninjau rumah 1102. Rumah ini sama sekali tidak menyediakan dapur sehingga jemaah memasak di kamar masing-masing.

Sebelumnya anggota Komisi VIII HM Busyo telah meninjau rumah tersebut dan meminta agar rumah itu tidak dipakai lagi tahun depan.

Saat berdialog dengan Menag, jemaah kembali mengeluhkan masalah air yang tidak lancar dan pengembalian uang sisa sewa pemondokan. Menag pun menginstruksikan agar masalah tersebut segera diselesaikan.

Dari rumah 1102, Menag yang didampingi Dirjen Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Slamet Riyanto, lantas menuju rumah nomor 732 di kawasan Bahudman.

Di rumah tersebut, Menag mengunjungi  KH Maimun Zubair, pengasuh Pondok Pesantren Sarang, Rembang yang juga sesepuh PPP.

Menag membicarakan masalah haji dengan Mbah Maimun, begitu KH Maimun Zubair biasa dipanggil. Di akhir pertemuan Menag dan Mbah Maimun, sekitar pukul 23.30 waktu Arab Saudi, melakukan doa bersama untuk Bangsa Indonesia yang belakangan ini dilanda bencana alam.

Dari peninjauan pemondokan, Menag menyimpulkan secara keseluruhan pelaksanaan haji di Mekah bagus namun ada masalah terkait air dan pengembalian uang selisih sewa rumah. Menag memerintahkan panitia penyelenggara ibadah haji untuk menyelesaikannya.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya