SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MALANG — Menteri Agama era pemerintahan Gus Dur dan juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kiai Haji Tolchah Hasan wafat di Rumah Sakit Saiful Anwar (RRSA) Kota Malang, Jawa Timur, pada Rabu (29/5/2019) pukul 14.10 WIB.

“Nanti akan dimakamkan setelah salat tarawih,” kata Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Marzuki Mustamar, kepada Antara melalui pesan singkat, Rabu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

KH Tolchah Hasan dilahirkan di Tuban, Jawa Timur, pada 1963, dan merupakan tokoh multidimensi, yakni sebagai ulama, tokoh pendidikan, pegiat organisasi, dan juga merupakan tokoh yang aktif di pemerintahan.

Tolchah Hasan merupakan Menteri Agama pada Kabinet Persatuan Nasional, era KH Abdurrachman Wahid atau Gus Dur. Dia dikabarkan dirawat di rumah sakit sejak pertengahan Mei 2019.

Tolchah Hasan meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, dan empat cucu, yang saat ini tinggal di Singosari, Kabupaten Malang. Tolchah pernah menduduki posisi Mustasyar PBNU dan sebelumnya menjabat sebagai Rektor Universitas Merdeka Malang hingga 1998.

Selain itu, Tolchah Hasan juga sebagai Dewan Pembina Yayasan Universitas Islam Malang (Unisma) hingga saat ini. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kampung Bungkuk, Singosari, Kabupaten Malang, usai salat tarawih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya