Memprihatinkan! Jual-Beli Kukang Marak di Medsos

Perdagangan satwa liar dilindungi melalui media sosial marak terjadi di Indonesia, salah satunya jual-beli kukang yang marak di Facebook.

 Kukang atau yang dikenal dengan nama lokal si malu, adalah primata dilindungi sebagaimana dipublikasikan dalam laman IAR Indonesia, Selasa (1/9/2020). (IAR Indonesia)

SOLOPOS.COM - Kukang atau yang dikenal dengan nama lokal si malu, adalah primata dilindungi sebagaimana dipublikasikan dalam laman IAR Indonesia, Selasa (1/9/2020). (IAR Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA – Perdagangan satwa liar dilindungi melalui media sosial marak terjadi di Indonesia, salah satunya kukang. Facebook dan Instagram menjadi media jual-beli paling banyak diakses dalam perdagangan kukang tersebut.

Wildlife Protection Unit Manager International Animal Rescue [IAR] Indonesia, Ode Kalashnikov, mengakui perdagangan hewan primata tersebut belum berhenti. Baik transaksi secara langsung maupun melalui media sosial.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Gadis Indigo Ungkap Hantu Penghuni Pabrik Cerutu Jogja

Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 106/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi, kukang menjadi salah satu satwa langka yang dilindungi pemerintah. Jenis kukang yang dilindungi itu adalah kukang sumatera atau Nycticebus coucang, kukang jawa atau Nycticebus javanicus, serta kukang kalimantan atau Nycticebus menagensis.

Sebagaimana dilansir Mongabay, sepanjang tahun 2012-2019 terdapat 353 grup jual beli satwa liar di Facebook. Harga jual kukang di laman-laman itu mencapai Rp 400.000/ekor.

Dibahas Internasional

Menanggapi hal itu, Ismail Agung selaku perwakilan IAR Indonesia pada Konferensi Internasional Asia for Animals (AFA) di Dalian, China, Oktober 2019 lalu, mengatakan fenomena jual-beli kukang itu bahkan diangkat dalam konferensi tersebut. Pasalnya, kukang menjadi salah satu satwa yang paling banyak diperdagangkan di Facebook.

Berdasarkan pantauan Solopos.com dari grup jual beli hewan di jejaring sosial, Facebook antara 2012 hingga 2018, jumlah kukang want to sell (WTS) atau yang akan dijual mencapai 5.021 ekor. Yang menunjukkan want to buy (WTB) atau keinginan untuk membeli kukang mencapai 2.460.

Demi Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso Gali Sumur

Menurut Agung, penyalahgunaan media sosial dan permintaan pasar yang besar adalah dua faktor utama sumbangsih perdagangan satwa liar khususnya kukang, masih marak di Indonesia. “Penyalahgunaan social media memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap perdagangan satwa liar di Indonesia khususnya kukang. Permintaan pasar menjadi faktor utama yang mendorong kukang terus diperdagangkan dan akibat aktivitas ilegal tersebut, kukang semakin menuju ambang kepunahannya di alam,” ujar Agung.

Dengan maraknya perdagangan satwa liar saat ini, upaya penegakan hukum terhadap pelaku kejahatan satwa liar dilindungi merupakan salah satu cara efektif untuk menimbulkan efek jera terhadap pelaku. Salah satunya, adalah dengan mamaksimalkan undang-undang tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saksi Kunci Kasus Ferdy Sambo, AKBP Arif Rahman Arifin Sakit

      Menurut Hotman Paris, kasus Ferdy Sambo adalah kasus impian bagi pengacara yang ingin terkenal.

      Pengirim Paket Meledak di Aspol Sukoharjo Berstatus Saksi

      Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pria yang berinisial S itu sempat diamankan beberapa saat setelah ada ledakan di Aspol tersebut.

      Pengacara Gubernur Lukas Enembe: Pak Presiden, Klien Kami Benar-Benar Sakit

      Lukas Enembe menderita sejumlah riwayat penyakit sehingga harus menjalani pengobatan di Singapura, termasuk empat kali serangan stroke.

      Pengacara: Gubernur Papua Lukas Enembe Susah Berbicara

      Menurut Roy Rening, sakit Gubernur Papua Lukas Enembe serius sehingga susah berbicara.

      Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

      Pria Indramayu berinisial S, pengirim paket yang meledak di asrama Brimob Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (25/9/2022) petang itu mengirimkan paket ke Jawa Tengah pada Maret 2021.

      Presiden Jokowi Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Presiden Jokowi meminta Gubernur Lukas Enembe untuk patuh memenuhi panggilan penegak hukum KPK.

      Lukas Enembe Mangkir Panggilan KPK, Kuasa Hukum: Sakit, Tidak Melawan Negara

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022), karena sakit.

      Gubernur Papua Lukas Enembe Kembali Mangkir Panggilan KPK

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan kedua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022) karena sakit.

      Ketua MUI: Pernikahan Beda Agama Tidak Sah dan Haram

      MUI Pusat menyatakan bahwa ulama dan organisasi Islam di Indonesia sepakat bahwa pernikahan beda agama dalam Islam adalah tidak sah dan haram.

      Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

      Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

      BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

      Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

      Setelah ini akan ada kerja sama-kerja sama yang dijalin oleh prodi di UNS dengan prodi-prodi yang ada Universitas Pakuan.

      Bantuan untuk Korban Bencana di Pakistan Masih Dibuka hingga 3 Oktober

      Pemerintah masih menerima bantuan dari organisasi masyarakat untuk warga Pakistan terdampak bencana alam hingga pekan depan, tepatnya 3 Oktober 2022.

      Kemenag: Pembimbing Ibadah Haji Harus Besertifikat

      UU No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah memberi mandat Kementerian Agama untuk membina, salah satu upaya yang dilakukan adalah sertifikasi petugas dan pembimbing ibadah haji.

      Curahan Hati Dedi Mulyadi Jelang Sidang Cerai: Demi Kamu, Aku akan Bertahan

      Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, menyampaikan pesan menyayat hati menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

      Jokowi Soroti Kasus Hakim Agung Sudrajad

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai Hakim Agung Sudrajad Dimyadi yang menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).