SOLOPOS.COM - Isuzu Panther Grand Touring. (Isuzu-astra.com)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meluruskan pemberitaan yang menyebut dirinya mengatakan Isuzu akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia.

Dia menegaskan bahwa yang berpindah dari Thailand ke Indonesia adalah produk UD Trucks yang merupakan bagian dari Isuzu Jepang. “UD Trucks ini adalah salah satu bagian dari merek atau jenis produk yang dikeluarkan Isuzu. Jadi, memang benar tidak pernah ada pembicaraan antara saya sewaktu kunjungan ke Tokyo sebagai Menperin dengan pihak Isuzu yang berkesepakatan bahwa isuzu akan memindahkan fasilitas produksi ke Thailand, yang ada itu UD Trucks salah satu merek truk yang diproduksi isuzu,” kata Agus kepada awak media di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Agus, pemindahan fasilitas ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Tanah Air karena bisa membuat industri otomotif di Indonesia akan semakin tumbuh positif. “Yang ada adalah hanya produk bermerek UD Trucks dari Thailand ke Karawang, dan saya rasa ini adalah achievement yang luar biasa, memindahkan salah satu produk isuzu ke Karawang,” tambahnya.

Singkatnya, Menperin meluruskan relokasi pabrik truk atau keseluruhan fasilitas produksi pabrikan Jepang dari Thailand ke Indonesia. Hanya saja, yang berpindah dari Thailand hanya produk dari merek UD Trucks.

Diberitakan sebelumnya, Agus Gumiwang mengumumkan pabrik truk tersebut akan mulai beroperasi pada 2024. Dalam hal ini, pemerintah menyambut baik keputusan Isuzu dengan berjanji akan memberikan beberapa insentif untuk memudahkan pemindahan fasilitas produksi dari Thailand ke Indonesia.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif,” tambah Agus. Sekadar informasi, pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019.

Baca Juga

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Terkait Isuzu Relokasi Pabrik, Ini Klarifikasi Menperin Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya