SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Reuters

GUNUNGKIDUL-Mulai 2014 masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, bebas dari semua biaya, baik biaya pembangunan maupun biaya bulanan. Semua biaya operasional sekolah ditanggung oleh anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, upaya pemerintah menggratiskan SMKN Tanjungsari didasari dari kurangnya animo masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai selatan untuk mempelajari kelautan.

“Untuk meningkatkan animo masyarakat, membangun cinta bahari,” katanya, Rabu (29/5)

Diakui Bahron, 251 siswa SMKN Tanjungsari yang ada saat ini sebagian besar justru bukan dari warga yang tinggal di sekitar pantai melainkan warga dari Utara Gunungkidul seperti, Kecamatan Ngawen, Nglipar dan Wonosari.

Bahkan sempat ada wacana SMKN Tanjungsari dipindah ke Wonosari. “Siswa-siswa kemarin belajarnya sering digabung Wonosari,” ujar Bahron.

Bahron menambahkan, 2014 SMKN Tanjungsari juga menjadi percontohan sekolah berbasis kelautan sesuai permintaan Gubernur DIY agar sekolah didekatkan dengan laut. Untuk pembiayaannya, rencana dari APBD, APBN dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala Sekolah SMKN Tanjungsari Sudiarto mengatakan, saat ini semua siswa masih membayar sampai Desember 2013. Program tersebut akan disosialisasikan oleh Disdikpora DIY, Kementrian Kelautan dan Perikanan.

“Tanggal 4 Juni besok di Kecamatan Tanjungsari persiapan sekolah gratis ini dibicarakan oleh dinas pendidikan dan dinas kelautan,” katanya. Sudiarto juga mengakui masyarakat pesisir pantai selatan masih minim cinta bahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya