Tutup Iklan

Membahayakan, Proyek Drainase Jl. Kolonel Sutarto Jebres Solo Dikeluhkan Warga

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Proyek penataan jalur lambat sisi utara Jl. Kolonel Sutarto, Jebres, Solo, Senin (26/8/2019), dikeluhkan warga. Proyek yang juga menyasar saluran drainase itu tak menyediakan akses menuju gang-gang perkampungan warga maupun pertokoan.

Selain itu, minimnya tali pengaman di sekitar lubang galian juga dikhawatirkan karena membahayakan. Warga Kelurahan/Kecamatan Jebres, Sabar, mengatakan sejak digali menggunakan ekskavator, pelaksana proyek tidak memasang pita pengaman yang memadai.

“Pita pengaman itu hanya dipasang di antara jalur hijau atau akses menuju gang dan pertokoan. Artinya cuma dipasang di selatan galian, sementara di utara galian dibiarkan saja. Saya khawatir kalau tidak ada tanda tertentu, anak-anak bisa jatuh ke situ dan terluka. Saya juga berharap ada akses ke gang dan pertokoan, misalnya dibuatkan jembatan kayu kecil di atas galian,” kata dia.

Warga lain, Widarti, mengatakan proyek tersebut sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Namun, ia tidak ingat kapan kali pertama ekskavator mengeruk galian.

“Kalau tidak ada akses ke gang dan pertokoan, kami harus memutar. Memang masih tersisa paling tidak satu sampai dua meter, tapi cukup membahayakan apalagi kalau malam dan kondisi penerangan kurang, bisa terperosok,” ucapnya, Senin.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solo, Arif Nurhadi, mengatakan bakal menegur pelaksana proyek terkait keluhan warga itu. Menurutnya, standard operating procedure (SOP) proyek pembangunan adalah sosialisasi kepada otoritas wilayah dan warga terdampak.

“Apabila pekerjaan menimbulkan risiko harus ada antisipasi, semestinya galian itu harus diberi pengaman agar risiko kecelakaan berkurang. Kalau sampai ada kecelakaan, pelaksana juga yang harus bertanggungjawab kali pertama,” kata dia.

Arif mengatakan penataan jalur lambat di kawasan itu merupakan kelanjutan proyek serupa tahun lalu. Proyek menyasar jalur lambat mulai dari simpang empat Tugu Cembengan hingga depan diler Panggung Motor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Duh, 150 Hakim di Jatim Diadukan karena Melanggar Kode Etik

Sedikitnya 150 hakim di Jawa Timur diadukan ke Komisi Yudisial karena melanggar kode etik.

Epidemiolog Kaget Kasus Corona RI Bisa Turun Cepat

Pandu sendiri mengaku kaget dengan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia bisa turun dengan cepat.

Buronan 12 Tahun Terdeteksi Gara-Gara Menggugat Cerai Istri

Sang buronan terdeteksi setelah namanya muncul di Pengadilan Agama Subang, Jawa Barat sebagai penggugat cerai istrinya.

BST Kemensos Disetop? Kadinsos Wonogiri: Tunggu Surat Resmi Saja!

Dinas Sosial Wonogiri masih menunggu surat keputusan resmi dari Kemensos terkait informasi mengenai penghentian BST dampak pandemi Covid-19.

320 Petani Milenial Klaten Diusulkan Ikut Pelatihan di Kementan

Pemkab Klaten mengusulkan ratusan petani milenial yang umurnya di bawah 40 tahun ikut pelatihan dari Kementerian Pertanian.

Apa Kabar Rencana Gedung RSUD Sukoharjo di Bekas Terminal Kartasura?

Saat pemerintahan Bupati Wardoyo Wijaya, lahan bekas Terminal Kartasura diproyeksikan untuk gedung unit II RSUD Ir Soekarno Sukoharjo.

Kapolda Jateng Janji Beri Pekerjaan Pensiunan Polisi Silver Semarang

Janji itu dilontarkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi setelah video pensiunan polisi silver itu marak di media sosial.

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Dari Kamar Mungil, Gadis Boyolali Mendulang Rejeki

Gadis di Boyolali mendulang rejeki dari dalam kamar yang mungil melalui kreativitasnya menempel barang bekas.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Rusia, Unggul 3-0 Berkat Minions

Tim Indonesia memastikan memetik kemenangan di laga perdana Piala Sudirman 2021. Hal itu setelah Tim Indonesia mampu unggul 3-0 atas Tim Rusia.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Tim Kriket Putra Bali Raih Emas Pertama PON XX Papua

Kalahkan tim kriket putra Papua dengan skor 76-63.

Eksploitasi Anak, Dulu Bocah Silver kini Bayi Silver

Kasus eksploitasi anak dengan dijadikan objek mengamen tidak hanya terjadi saat ini.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.